Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Ide Bisnis Menggiurkan Jelang Hari Raya Iduladha

Simak daftar bisnis yang menguntungkan jelang momen Iduladha 2023
Ilustrasi hewan kurban/JIBI-Jumali
Ilustrasi hewan kurban/JIBI-Jumali

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Iduladha tinggal menghitung beberapa minggu lagi. 

Selama perayaan ini, berkurban menjadi salah satu tradisi yang paling menonjol, di mana hewan-hewan seperti sapi, kambing, atau domba dikorbankan dan dagingnya dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Tentunya, sebagai seorang yang memiliki jiwa bisnis kuat, ada beberapa peluang bisnis yang dinilai punya potensi tinggi selama Hari Raya Iduladha demi meraup cuan.

Berikut, beberapa contoh bisnis yang berkaitan dengan perayaan ini. Simak ulasannya.

1. Penjualan hewan kurban

Jika Anda memiliki akses atau hubungan dengan peternak hewan, Anda dapat memasok hewan kurban kepada masyarakat yang ingin berkurban. Anda dapat menjual hewan kurban secara langsung atau melalui pemesanan sebelumnya.

2. Layanan pemotongan hewan kurban

Banyak orang yang membutuhkan bantuan dalam memotong dan mempersiapkan daging kurban setelah hewan dikorbankan. Anda dapat menyediakan layanan pemotongan hewan kurban untuk membantu mereka dalam proses ini.

3. Penjualan produk olahan daging kurban

Daging hasil kurban dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti dendeng, sosis, bakso, atau makanan olahan lainnya. Anda dapat memanfaatkan daging kurban yang tersedia untuk membuat produk olahan ini dan menjualnya kepada masyarakat.

4. Penyediaan paket kue dan makanan khas Iduladha

Selain daging kurban, masyarakat juga menyajikan hidangan khas Idul Adha seperti kue kering, kue basah, dan hidangan tradisional. Anda dapat menyediakan paket kue dan makanan khas Iduladha yang siap dijual kepada masyarakat.

5. Jasa katering olahan daging

Saat Iduladha, menu khas yang banyak diminati adalah hidangan daging. Namun, tidak semua orang memiliki keterampilan memasak daging dengan lezat. Ini dapat menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang. Jika Anda mahir dalam memasak, Anda dapat membuka jasa katering olahan daging. 

6. Jual bumbu siap pakai

Selain itu, ada juga peluang bisnis dalam menjual bumbu siap pakai. Banyak orang yang ingin memasak hidangan daging kurban tetapi tidak memiliki waktu atau keahlian untuk membuat bumbu sendiri. 

Anda dapat menyediakan berbagai macam bumbu siap pakai untuk mengolah daging kurban, seperti bumbu sate, rendang, gulai, dan lainnya. Anda dapat menggunakan sistem pemesanan terlebih dahulu (Pre-Order) agar bumbu yang Anda sediakan tetap segar.

7. Menjual berbagai macam perlengkapan masak

Selain itu, bisnis peralatan dan perlengkapan untuk membuat sate juga dapat menjadi peluang yang menarik. Nyate (membuat sate) merupakan tradisi khas dalam perayaan Iduladha di Indonesia. 

Anda dapat menjual berbagai peralatan seperti tusuk sate, arang, batok kelapa, alat pemanggang, kipas, dan juga menyediakan bumbu sate.

8. Berbisnis pakaian muslim  

Satu lagi ide bisnis jelang Idul Adha yang untungnya tak kalah menggiurkan adalah bisnis atau jualan pakaian muslim. Sama seperti lebaran Idulfitri, umat muslim tentunya ingin tampil menawan dan trendi saat Iduladha.

Bila Anda memiliki modal besar, bisa dengan memborong dari grosir atau pedagang besar. Sehingga bisa mendapatkan diskon. Namun, jika modal tidak cukup atau ingin tanpa modal, Anda dapat melakukan dengan menjadi reseller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper