Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Properti Prestisius Milik Sugianto Kusuma 'Aguan', Termasuk Tzu Chi Hospital

Aguan yang kini menjadi Direktur Utama PANI dikenal memiliki sejumlah proyek bergengsi di Tanah Air. Simak ulasannya 
Ashta District 8 merupakan salah satu properti milik Agung Sedayu Group/Agungsedayu.comrn
Ashta District 8 merupakan salah satu properti milik Agung Sedayu Group/Agungsedayu.comrn

Bisnis.com, JAKARTA - Bos properti Agung Sedayu Group, yakni Sugianto Kusuma alias Aguan resmi menjadi Direktur Utama PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. (PANI) pada Senin (19/6/2023). 

Dia menggantikan posisi Prili Budi Pasravita Soetantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PANI. 

Aguan sendiri terkenal sebagai sosok pengembang properti yang memiliki peran signifikan dalam membangun proyek perumahan, pertokoan, apartemen, dan kawasan niaga hingga industri yang bergengsi. 

Lantas, mana saja sejumlah proyek prestisius yang dimiliki Aguan ini? 

1. District 8

Deretan Properti Prestisius Milik Sugianto Kusuma 'Aguan', Termasuk Tzu Chi Hospital

Wilayah ini adalah salah satu proyek terbesar dari Agung Sedayu Group yang terdiri dari gedung –gedung perkantoran premium, apartment mewah, hotel kelas dunia, dan lifestyle mall yang terletak di kawasan bergengsi SCBD Jakarta.

2. Taman Anggrek Residences

Taman Anggrek Residences memiliki lokasi yang strategis di antara Mall Taman Anggrek dan Central Park. Di Taman Anggrek Residences terdapat 3 jenis jalur transportasi yang bisa digunakan antara lain melalui jalur tol, jalur non tol, dan jalur monorail.

3. Menara Jakarta

Agung Sedayu Group melalui entitas anaknya Agung Sedayu Realesat Indonesia (Asri) menggelontorkan investasi senilai Rp7 triliun untuk membangun tower multi guna di Kemayoran. 

Melansir dari Bisnis, CEO Agung Sedayu Realesat Indonesia, Alexander Halim Kusuma, menjelaskan pihaknya tengah mengembangkan bangunan multifungsi terpadu atau mixed use yakni Menara Jakarta yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Nantinya, bangunan ini akan dibangun dengan model yang terintegrasi dan terbagi dalam beberapa area yakni Menara Jakarta Mall, 2 kondominium, 3 hotel, dan 1 menara kantor.

4. The Langham Jakarta 

The Langham Jakarta menjadi salah satu hotel mewah di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). 

Hotel ini dengan desain kontemporer memiliki 65 lantai dengan 223 kamar dan suite serta Suite Presidensial seluas 336 meter persegi. 

Kamar-kamar dilengkapi dengan teknologi canggih dan kamar mandi mewah berlapis marmer. Selain akomodasi mewahnya, The Langham, Jakarta juga menjadi tujuan ikonik untuk acara sosial, pernikahan, konferensi internasional, dan peluncuran merek-merek mewah.

5. Astha 

Ashta adalah proyek retail keempat dari ASRI (anak perusahaan Agung Sedayu Group) yang menawarkan arsitektur kelas dunia dengan ruang interior yang luas. 

Terletak di jantung kota Jakarta, Ashta memiliki area sewa seluas 15.000 meter persegi untuk mengakomodasi 150 premium lifestyle brands. 

6. PIK1 

Awalnya Kawasan Pantai Indah Kapuk adalah areal yang tidak dilirik oleh banyak orang, namun Agung Sedayu Group sukses menjadikan kawasan ini menjadi salah satu perumahan paling elite dan bergengsi di Jakarta

Namun secara bertahap, Agung Sedayu Group terus mengembangkan Pantai Indah Kapuk sehinnga sukses menjadikan PIK bukan hanya areal cluster perumahan saja, melainkan menjadi salah satu kawasan baru yang terlengkap (Shopping Mall, International School, Hospital, Fresh Market, Golf Court, Waterbom PIK dll)

PIK yang terdiri dari PIK 1 dan PIK 2 merupakan area yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Grup. Di kawasan ini berdiri mall yaitu PIK Avenue, By The Sea dan juga Central Market.

7. PIK2

Kini Agung Sedayu Group bersama Salim Group yang mengembangkan extension dan penyempurnaan dari Pantai Indah Kapuk yaitu PIK2 Sedayu Indo City.

Untuk menghasilkan kawasan yang lebih baik dan modern maka dengan itu Agung Sedayu Group menggunakan Jasa DDG Texas US dalam merancang Kota Baru PIK 2. 

PIK2 adalah pengembangan besar-besaran yang akan mencapai sekitar 2.650 hektar 

8. Tzu Chi Hospital

Tzu Chi adalah sebuah yayasan amal yang didirikan oleh Master Cheng Yen pada 1966 di Taiwan. Pada 1993, yayasan ini pun mulai beroperasi di Indonesia. 

Melansir dari situs resminya, yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan berbagai kegiatan amal, termasuk rehabilitasi sekolah dan penyediaan layanan kesehatan.

Tzu Chi Hospital merupakan bagian dari yayasan tersebut yang didirikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Indonesia Tzu Chi Hospital. 

Luas areanya pun berkisar 2,6 hektar dengan luas bangunan 136.640 meter persegi yang terdiri dari 23 lantai dengan kapasitas maksimum 576 tempat tidur.

Sugianto Kusuma sendiri Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Medika.

Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk (PIK), Rabu (12/6/2023). 

Dalam peresmian tersebut, selain Aguan hadir pula sejumlah konglomerat Indonesia, seperti Anthoni Salim, Franky Widjaja, 

Rumah sakit ini memiliki misi untuk menyelamatkan nyawa dan menjaga kesehatan dengan semangat kasih sayang. Tzu Chi Hospital juga ikut berkontribusi dalam merawat pasien Covid-19 sejak Juni 2021, serta menyediakan layanan umum sejak Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper