Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Miliarder yang Punya Kapal Selam Pribadi, Harganya Fantastis

Harganya fantastis, berikut daftar miliarder yang diam-diam punya kapal selam
Richard Branson/Reuters-Shannon Stapleton
Richard Branson/Reuters-Shannon Stapleton

Bisnis.com, JAKARTA - Jet atau helikopter adalah suatu kendaraan yang bisa dibeli oleh orang yang sangat kaya. Tidak hanya itu, para miliarder juga bisa membeli sebuah kapal selam.

Investasi atau sekadar memiliki kapal selam biasanya sangat jarang dan dianggap sulit dipahami. Dilansir dari Seattle Times, dasar laut adalah batas pengeluaran terakhir bagi orang-orang terkaya di dunia.

Perjalanan untuk melihat apa yang ada di dasar kapal selam pribadi adalah kelebihan yang harganya mengalahkan tiket pulang-pergi ke stasiun luar angkasa.

Pembuat dan penjual kapal selam mewah dari Samudra Pasifik hingga Teluk Persia mengatakan bahwa fantasi dan kerahasiaan adalah fondasi industri ceruk bahari yang dibangun di atas miliarder gila.

“Semua orang di sana adalah orang kaya yang eksentrik,” kata Jean-Claude Carme, wakil presiden pemasaran Kapal Selam AS, sebuah perusahaan Portland yang membuat kapal selam secara khusus.

"Mereka semua sangat tertutup,” lanjutnya.

Para miliarder yang memiliki kapal selam dianggap sangat tertutup sehingga banyak kapal selam yang tidak diketahui kepemilikannya oleh publik.

Berikut beberapa miliarder yang diketahui memiliki kapal selam

1. Paul Allen

Paul Allen yang telah meninggal pada 2018 terkenal memiliki yacht mewah bernama Octopus. Dilansir dari MiMi, kapal pesiar buatan Lürssen ini pernah digunakan sebagai tempat pesta selebriti di Cannes dan St. Barths.

Pesta ini digelar selama berminggu-minggu yang menghadirkan banyak selebriti legendaris, seperti Steven Spielberg, Jon Bon Jovi, Denzel Washington, dan banyak lagi.

Di dalam yacht ini terdapat 30 kabin mewah, penyimpanan dua kapal selam, dua helikopter, tujuh kapal kecil, robot ROV dan SUV, lapangan basket, dua helipad, bioskop, ruang observasi bawah air, dan banyak lagi.

Kapal selam yang ada di dalam Octopus ini digunakan untuk mengeksplor bawah laut secara terpisah.

Kapal selam Allen memiliki panjang 40 kaki dan dikabarkan harganya mencapai US$12 juta atau sekitar Rp180 miliar dan cukup untuk tetap terendam selama seminggu. Warnanya: kuning.

2. Richard Branson

Richard Branson merupakan salah satu pebisnis miliarder Inggris yang mendirikan Virgin Group. Saat ini, dia memiliki lebih dari 400 usaha di berbagai bidang. Tidak heran jika dia memiliki superyacht dengan kapal selam di dalamnya.

Virgin Oceanic, nama kapal selam milik Branson, telah beberapa kali melakukan penyelaman. Penyelaman terbarunya saat 2018 di Blue Hole selama 10 menit. Dilansir dari Forbes, orang yang menjelajahi bawah air menggunakan Oceanic adalah Branson, pembuat film dokumenter Fabien Cousteau, dan Roatan Institute of Deep Sea Exploration (RIDE).

Dilansir dari Belize, Richard dan lainnya menemukan dinding besar stalaktit raksasa yang menurutnya indah saat pertama kali menyusuri dinding lubang. Sesampai di bawah, mereka melihat kepiting, kerang dan makhluk lain yang telah jatuh ke dalam lubang yang mati karena kehabisan oksigen.

3. Elon Musk

Pemilik Tesla juga memiliki kapal selam mini pribadi. Tidak hanya satu, Elon Musk memiliki beberapa kapal selam mini. Dilansir dari CNBC, kapal selam tersebut dilepas untuk menjalankan misi penyelamatan di Thailand. Walaupun sempat dikritik karena dianggap kurang tidak praktis, kapal selam ini telah mendapatkan pujian dari para pejabat.

Berdasarkan rekaman video dan pembicaraan dengan para penyelam, Musk juga mengatakan dia yakin kapsul itu dapat melakukan seluruh perjalanan melalui gua. Dia mengatakan pod dapat digunakan untuk jenis penyelamatan lainnya, seperti untuk pasien yang rentan di lingkungan beracun.

4. Roman Abrahamovich

Miliarder Rusia Roman Abramovich memiliki kapal yacht mewah senilai US$400 juta, yang diberi nama Eclipse.

Kapal setinggi 555-ft itu disebutkan juga memiliki kapal selam dan senjata misil rahasia.

Eclipse dilengkapi dengan pelapis baja yang mengelilingi jembatan dan kamar utama Abramovich, serta jendela anti peluru. Kapal pesiar itu juga akan memiliki kapal selam untuk dua orang, untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada bajak laut atau rapscallion lainnya yang berhasil masuk. Itu berfungsi ganda sebagai pod pelarian, serta dua landasan helikopter.

Kapal pesiar Abramovich juga akan memiliki kabin untuk 24 tamu serta bioskop, akuarium, disko, dan rumah sakit. 

5. Stockton Rush

OceanGate didirikan pada 2009 oleh Stockton Rush, yang tetap menjadi CEO perusahaan.

Rush, 61, adalah salah satu dari lima orang yang hilang di kapal selam yang hilang pada hari Senin.

Dia adalah insinyur kedirgantaraan yang berkualifikasi, dan menjadi pilot berperingkat transportasi jet termuda di dunia yang baru berusia 19 tahun, ketika dia mendapat peringkat DC-8 Type/Captain di United Airlines Jet Training Institute.

Sejak itu, Rush secara pribadi membangun pesawat Glasair III, dan memodifikasi secara besar-besaran kapal selam dua orang Kittredge K-350, yang telah melakukan lebih dari 30 penyelaman hingga saat ini.

Dia sekarang mengawasi strategi keuangan dan teknik OceanGate.

Dalam wawancara jangka panjang dengan CBS News tahun lalu, Rush berulang kali mengatakan bahwa para penjelajah akan aman dan memiliki oksigen yang diperlukan untuk bertahan hidup, tetapi tampaknya tidak menyadari risiko yang ada.

Harga dari pembuatan kapal selam Oceangate sendiri tidak diketahui, tapi disebutkan untuk mereka yang ingin melakukan tur menyaksikan puing Titanic dikenakan biaya US$250.000 atau Rp3,7 miliar per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper