Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Tas Bukan Ide Bagus dan Menguntungkan? Simak Penjelasannya

Alasan jika beli tas bukanlah investasi yang cukup menguntungkan untuk jangka panjang
Tas Birkin keluaran rumah mode Hermes/Reuters
Tas Birkin keluaran rumah mode Hermes/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang membeli tas branded dengan alasan untuk investasi. Benarkah tas bisa jadi investasi?

Tas investasi pada dasarnya adalah tas yang memiliki kualitas dan daya tarik yang tinggi.

Tas yang memiliki kualitas tinggi dan bisa memberi nilai yang yang menggiurkan. Namun, hal ini tidak 100% memberi keuntungan bagi yang berinvestasi.

Dilansir Clever Girl Finance (24/9/2023) sangat sedikit tas tangan mewah yang nilainya meningkat seiring waktu sehingga jika dianggap sebagai investasi harus dipertimbangkan ulang.

Berikut 3 alasan utama mengapa tas bukanlah produk investasi yang bagus.

1. Tas di gemari sesuai mode

Hal ini berarti tas tidak dapat terus digunakan setelah Anda membelinya kecuali merek klasik serta model tas tangan klasik yang mungkin memiliki nilai tersendiri.

Pilih bahan pokok yang tak lekang oleh waktu, misalnya Dior Saddle Bag menjadi trendi setiap 20 tahun sekali, sedangkan Chanel Flap Bag klasik tidak pernah ketinggalan zaman.

Namun model tas atau ukuran tas klasik tertentu tidak bisa dipastikan akan tetap diminati 5 atau 10 tahun dari sekarang.

2. Kesulitan menjaga dan merawat

Anda perlu menjaga tas tangan Anda dalam kondisi sempurna dan seperti baru jika Anda ingin menjualnya untuk menghasilkan banyak uang di masa depan dan mendapatkan laba atas investasi Anda. Sayangnya, tas tangan yang menunjukkan tanda-tanda pemakaian dan keausan tidak akan memberi nilai baru.

Tidak peduli merek mewah apa yang membuatnya. Kondisi tas tangan Anda sangat menentukan apa yang akan dibayar nantinya,

Itulah mengapa sangat sulit menghasilkan uang dari tas investasi Anda jika tas tersebut banyak digunakan atau tidak disimpan dengan benar.

3. Tas investasi tidak mudah untuk dijual

Menjual tas desainer sulit dilakukan karena berbagai alasan, khususnya karena keaslian tas, biaya reseller dan palsu/penipuan. Jika Anda berinvestasi pada barang trendi, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa menjualnya selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

4. Keaslian

Keaslian tas investasi Anda menjadi masalah besar karena orang ingin memastikan bahwa mereka tidak membeli tas palsu yang ada dimana-mana saat ini.

Ini berarti Anda harus menyimpan semua dokumen dan kwitansi Anda secara utuh untuk dapat menjamin keaslian tas Anda. Meskipun banyak toko konsinyasi online yang akan mengautentikasi tas Anda, layanan ini biasanya disertakan dalam harga yang mereka tawarkan untuk membeli tas dari Anda.

5. Biaya pengecer

Sebagai seorang individu yang menjual kembali tas, banyak pembeli akan mencoba memanfaatkan fakta bahwa Anda menjual kembali dan mencoba membuat Anda menjual lebih murah.

Jika Anda memilih jalur reseller atau toko konsinyasi mewah online (di mana perusahaan terkemuka menjual tas untuk Anda), Anda mungkin akan membayar mereka biaya komisi super tinggi dari harga jual.

6. Penipu dan palsu

Anda perlu mengambil tindakan ekstra hati-hati mengenai di mana, bagaimana dan kepada siapa Anda menjual tas Anda, untuk memastikan Anda menerima pembayaran penuh dan tidak tertipu oleh pembeli. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper