Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips agar Tidak Stres dan Mencintai Pekerjaan

Untuk menciptakan hal yang baik dalam bekerja, maka Anda bisa melakukan beberapa hal
Ilustrasi/Entrepreneur
Ilustrasi/Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda pernah merasa bahwa pekerjaan mengganggu kesehatan fisik dan mentalmu? Jika iya, maka ini menjadi tanda bahwa Anda sedang stres.

Mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai menjadi hal menyebalkan yang membuat seseorang merasakan mental yang tertekan bahkan gangguan penyakit lain terkait stres. Hal ini sering terjadi, tetapi tidak pantas dijadikan alasan untuk bersikap seenaknya bahkan sampai mengundurkan diri.

Untuk menciptakan hal yang baik dalam bekerja, maka Anda bisa melakukan beberapa hal, sehingga kualitas hidup dan produktivitas Anda akan meningkat. Cara pertama yang  dilakukan adalah membuat daftar perbaikan diri.

Simak tips untuk meningkatkan hubungan dengan pekerjaan yang tidak Anda sukai:

1. Temukan Kepuasan Dengan Aktivitas Lain

Luangkan waktu untuk aktivitas, hobi dan orang-orang yang Anda sukai atau anggap bermanfaat di luar jam kerja untuk mendapatkan kepuasan.

2. Buat Daftar Perbaikan Diri

Buatlah daftar hal-hal yang menurut Anda bisa lebih baik dalam pekerjaan Anda saat ini. Mulailah menyelesaikan masalah-masalah tersebut untuk mengurangi kebencian pada diri Anda sendiri. Catat segala hal yang tidak Anda sukai tentang pekerjaan Anda dan jangan terus berproses untuk memberantas hal tersebut.

3. Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja

Rekan kerja dapat mengerti persis apa yang Anda alami dan dapat bersimpati dan/atau menganggap enteng situasi Anda. 

Mempunyai seseorang untuk curhat atau mengadu dan bercanda tidak serta merta membuat tugas pekerjaan Anda lebih menyenangkan atau tidak membosankan, tetapi hal ini dapat meningkatkan pengalaman dan hubungan Anda secara keseluruhan dengan pekerjaan Anda.

4. Mintalah Dukungan 

Jika Anda kesulitan dalam beberapa aspek, konsultasikan dengan rekan kerja yang tepercaya. Anda bisa menceritakan dan meminta bantuan pada rekan kerja bahkan pada atasan sekaligus jika hal tersebut tergolong mendesak.

5. Fokus pada Manfaatnya

Biasanya ada aspek-aspek dalam setiap pekerjaan yang tidak menarik, baik itu masalah perjalanan pulang pergi atau tanggung jawab yang membosankan. Namun, luangkan waktu untuk merenungkan apa yang dapat Anda ambil dari posisi tersebut jika Anda tetap bekerja di perusahaan tersebut. 

Misalnya, pertimbangkan apakah ada peluang kemajuan yang tersedia dalam enam bulan atau satu tahun atau apakah pekerjaan ini bisa menjadi langkah maju bagi Anda menuju pertumbuhan dalam perusahaan. 

6. Rayakan Kemenangan

Berusahalah untuk merayakan hak-baik yang kamu temukan dalam pekerjaan, meskipun pekerjaan tersebut tidak kamu sukai. Walaupun sekadar memberi selamat kepada rekan kerja atas promosinya atau makan bersama rekan kerja, hal ini membantu meningkatkan hubungan Anda dengan pekerjaan Anda. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper