Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Mengatasi Stres Finansial

Seiring waktu stres berkepanjangan yang disebabkan oleh keadaan finansial dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA – Finansial sering menjadi pemicu stres, yang dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan fisik dan mental, serta kualitas hidup secara keseluruhan. 

Dilansir One Medical (6/9/2023) uang adalah titik akses terhadap banyak kebutuhan, termasuk makanan, tempat tinggal, perlindungan dan layanan kesehatan. Hal ini menjadi wajar jika seseorang akan merasa stres jika keadaan finansial sedikit terguncang.

Seiring waktu stres berkepanjangan yang disebabkan oleh keadaan finansial dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, kecemasan dan depresi, serta menyebabkan perilaku tidak sehat seperti penyalahgunaan zat. 

Cara mengurangi tekanan finansial dan stres keuangan:

1. Mendidik diri sendiri

Temukan sumber daya pendidikan untuk mengajari diri lebih banyak tentang uang, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak informasi tanpa merasa kewalahan. Dizaman digital sekarang, banyak training dan tips-tips online yang bisa kamu pelajari untuk memberikan pemahaman tentang uang pada diri sendiri.

2. Mulai dengan perlahan dan tertuju

Kamu sebaiknya menetapkan tujuan dari apa yang kamu peroleh. Menetapkan tujuan tambahan dapat membantu membuat tugas-tugas ini tidak terasa terlalu menakutkan dan membuat stres. Lakukan dengan perlahan agar mendapatkan tujuan yang bagus.

3. Mencari hiburan gratis

Berpikir finansial, kamu tidak harus terpaku pada satu pekerjaan untuk mendapatkan uang tetapi perlu diperhatikan untuk selalu menenangkan diri. 

Namun, kesenangan yang kamu inginkan harus disesuaikan dengan keadaan finansial. Jika ada kesempatan gratis untuk menenangkan diri, maka ambil kesempatan tersebut.

4. Latihlah perawatan diri dan perhatian penuh

Masalah keuangan seringkali tidak terselesaikan dalam semalam, jadi penting untuk memprioritaskan rutinitas yang sehat untuk mengendalikan stres. Menjaga kesehatan fisik dan mental akan memungkinkan kamu menjaga pikiran jernih dan berfungsi sebaik mungkin dalam jangka panjang. Hal ini antara lain dengan menjaga pola makan yang sehat, tidur malam yang cukup dan berolahraga secara teratur.

5. Carilah dukungan

Berurusan dengan masalah keuangan bisa melelahkan dan menantang tetapi kamu tidak perlu mengatasinya sendiri. Meskipun membicarakan keuangan mungkin terasa tabu, berhubungan dengan orang lain dapat mengurangi stres dan membantu kamu tidak merasa sendirian. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper