Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis dan Pekerjaan untuk Para Introvert

Dari penulis lepas hingga dropshipper, ini deretan bisnis yang cocok untuk introvert
Ilustrasi/Govloop
Ilustrasi/Govloop

Bisnis.com, BANDUNG – Di era serba digital saat ini, tak menutup kemungkinan sebuah pekerjaan dapat dilakukan dari tempat tinggal yang minim interaksi dan tentunya cocok bagi para introvert.

Bagi Anda yang ingin meniti karier dengan interaksi sosial minim, ada banyak pilihan pekerjaan atau bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah 10 ide bisnis atau pekerjaan yang cocok untuk para introvert.

1. Penulis lepas

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menulis, bisnis ini cocok untuk Anda. Berbagai macam proyek penulisan tersedia, mulai dari copywriting, penulisan laporan, hingga penulisan SEO.

Selain kemampuan untuk menulis, salah satu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah koneksi internet yang baik.

2. Ghost Writer

Selain menjadi penulis lepas, pilihan lain bagi Anda yang suka menulis adalah ghost writer. Ghost writer adalah penulis yang dibayar untuk menyiapkan tulisan atau karangan atas nama orang lain.

Selain berpotensi mendapat keuntungan yang besar, pekerjaan ini juga memiliki pola kerja yang fleksibel.

3. Agen desain grafis

Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa membuat desain grafis.

4. Bisnis online

Jika Anda adalah seorang introvert yang lebih suka tinggal di rumah, Anda masih bisa menjalankan bisnis yang menguntungkan dengan menjual produk secara online.

Anda bisa menjual barang yang Anda buat sendiri, seperti seni, kerajinan tangan, dan makanan, atau menjual kembali produk yang Anda beli secara grosir.

5. Konsultan media sosial

Saat ini, banyak bisnis yang beralih ke platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok untuk memasarkan produk dan layanan.

Biasanya para pemilik bisnis membutuhkan spesialis untuk memasarkan produknya pada media sosial. Oleh karena itu, konsultan media sosial bisa menjadi pilihan untuk Anda dapat bekerja dari jarak jauh.

6. Kursus online

Jika Anda memiliki pengetahuan luas di salah satu bidang tertentu dan tertarik untuk mengajar orang lain, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis kursus online.

7. Dropshipper

Jika ingin membuka usaha yang tidak membutuhkan biaya besar, Anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper.

Seorang dropshipper melakukan proses jual beli tanpa membeli barang dari produsen. Tugas utamanya hanya untuk mempromosikan produk tersebut ke pelanggan.

8. Layanan Bot Trading Kripto

Bot trading kripto adalah program perangkat lunak yang memperdagangkan mata uang kripto. Program ini mengikuti strategi trading yang Anda tetapkan, sehingga Anda bisa trading 24/7 tanpa perlu terus memantau pasar.

9. Jasa penerjemah

Jasa Penerjemahan sangat diminati seiring dengan meningkatnya permintaan bisnis secara global. Jika Anda fasih dalam lebih dari satu bahasa, ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan atau bisnis untuk Anda.

10. Layanan analisis data

Layanan analisis data membantu bisnis memahami data mereka. Anda akan mengubah angka mentah menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dapat digunakan perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang analisis data, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper