Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 10 Perusahaan Energi Terbarukan Terbesar di Dunia

Top 10 perusahaan energi terbarukan terbesar di dunia beserta perannya dalam industri
Teknisi melakukan pengecekan rutin pada proyek PLTS Terapung Cirata, Purwakarta, Jawa Barat pada Selasa (26/9/2023). - Bisnis/Rachman
Teknisi melakukan pengecekan rutin pada proyek PLTS Terapung Cirata, Purwakarta, Jawa Barat pada Selasa (26/9/2023). - Bisnis/Rachman

Berikut 10 perusahaan renewable terbesar di dunia versi suistanablerenew

1. NextEra Energy

NextEra Energy merupakan perusahaan pembangkit tenaga listrik global dalam energi terbarukan yang menjadi pionir dalam peralihan ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan ini sangat menekankan pemanfaatan energi matahari dan angin.

NextEra Energy mengoperasikan banyak pembangkit listrik tenaga surya, mengubah sinar matahari menjadi listrik. Pembangkit listrik tersebut sering kali mencakup lahan yang sangat luas, menghasilkan energi bersih yang besar bagi masyarakat. 

Demikian pula, pembangkit listrik tenaga angin mereka memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan listrik, sehingga mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Selain itu, keahlian mereka dalam penyimpanan energi memastikan bahwa kelebihan energi dapat disimpan untuk digunakan saat angin tidak bertiup atau matahari tidak bersinar, sehingga menghasilkan pasokan energi bersih yang lebih konsisten dan andal.  

2. Brookfield Renewable

Brookfield Renewable adalah salah satu perusahaan energi terbarukan terbesar. Ceruk mereka terletak pada pembangkit listrik tenaga air, yang memiliki pengoperasian jaringan pembangkit listrik tenaga air yang luas.

Selain pembangkit listrik tenaga air, Brookfield Renewable juga telah membuat kemajuan dalam usaha energi angin dan, baru-baru ini, memperluas ekspansi ke energi surya.  

Keterlibatan mereka dalam proyek energi angin mencakup pengoperasian ladang angin yang memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan listrik, sehingga semakin mempercepat transisi ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, ekspansi terbaru mereka ke bidang energi surya menegaskan dedikasi mereka dalam mendiversifikasi portofolio energi terbarukan dan memperluas jangkauan solusi energi berkelanjutan. 

3. Siemens Gamesa Renewable Energy

Siemens Gamesa Renewable Energy adalah pemimpin di dunia dalam bidang tenaga angin. Mereka beroperasi dengan kuat di sektor tenaga angin darat dan lepas pantai. 

Siemens Gamesa Renewable Energy telah berperan penting dalam memperluas penerapan energi angin sebagai sumber listrik yang praktis dan ramah lingkungan.

Contohnya, Siemens Gamesa memproduksi turbin angin mutakhir yang secara efisien mengubah energi kinetik angin menjadi listrik, sehingga menyediakan listrik berkelanjutan untuk rumah dan bisnis. Mereka membangun proyek pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai, di mana mereka memanfaatkan angin kencang di laut untuk menghasilkan energi ramah lingkungan.

4. Vestas Wind Systems

Vestas Wind Systems merupakan pemain yang cukup menonjo dalam domain energi angin. Perusahaan ini terkenal sebagai produsen turbin angin terkemuka dan memiliki jangkauan global.  

Vestas Wind Systems menyediakan solusi energi angin terbaik dan ramah lingkungan, efisien dan dapat diandalkan, sehingga memperkuat peran penting mereka dalam sektor energi terbarukan

5. Orsted

Orsted, yang sebelumnya dikenal sebagai DONG Energy, telah melakukan transformasi besar dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan, dengan penekanan utama pada tenaga angin.  

Raksasa energi terbarukan asal Denmark ini telah menggemparkan dunia dan menjadi pemimpin yang tak tertandingi dalam energi angin lepas pantai. Orsted memainkan peran penting dalam menyusun dan melaksanakan berbagai proyek pembangkit listrik tenaga angin yang signifikan di seluruh dunia. 

Salah satu contoh dampak Orsted adalah Ladang Angin Hornsea di lepas pantai Inggris. Proyek ini, jika selesai, akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai terbesar di dunia, yang mampu memberi listrik pada lebih dari satu juta rumah dengan listrik ramah lingkungan.  

Orsted juga membuat heboh di Amerika Serikat dengan proyek-proyek seperti Revolution Wind Farm di lepas pantai Rhode Island, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan energi terbarukan di negara tersebut.

Komitmen Orsted terhadap solusi energi berkelanjutan tidak hanya mencakup pemanfaatan tenaga angin, namun juga mengeksplorasi teknologi inovatif, seperti produksi hidrogen ramah lingkungan, yang berpotensi merevolusi penyimpanan dan transportasi energi ramah lingkungan.  

6. First Solar

First Solar merupakan perusahaan energi surya terkemuka yang menjadi pionir dalam teknologi fotovoltaik (PV). Mereka dikenal karena komitmennya terhadap standar dan efisiensi yang tinggi. 

Contoh dari dampak First Solar adalah Proyek Tenaga Surya Agua Caliente di Arizona, AS. Pembangkit listrik tenaga surya ini, salah satu yang terbesar di dunia. Selain itu, adalah proyek Solar Star di California, yang merupakan salah satu instalasi tenaga surya terbesar di dunia.  

7. Canadian Solar

Canadian Solar adalah penyedia solusi energi surya komprehensif yang terkenal di dunia. Inti dari operasi mereka adalah pembuatan panel surya mutakhir, yang dilengkapi dengan beragam produk dan layanan tenaga surya.  

Salah satu contoh dampak global dari Canadian Solar adalah proyek Guanajuato I di Meksiko, sebuah instalasi tenaga surya kolosal seluas 440 hektar, yang mampu memberi listrik pada ribuan rumah dengan energi bersih.  

Selain itu, pekerjaan mereka di Belanda, dengan proyek seperti Almelo dan Emmeloord, menunjukkan kemahiran mereka di pasar tenaga surya Eropa.

8. Enel Green Power

Enel Green Power, raksasa energi terbarukan Italia, merupakan salah satu pemain paling terkemuka di dunia.  Pendekatan komprehensif mereka mencakup berbagai sumber energi terbarukan, mulai dari tenaga angin, tenaga surya, pembangkit listrik tenaga air, dan panas bumi.  

Salah satu contoh signifikan dampaknya adalah pembangkit listrik tenaga surya Magdalena II di Meksiko, yang menghasilkan energi ramah lingkungan untuk memberi listrik pada ribuan rumah sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.  

 

Selain itu, komitmen mereka terhadap energi angin terlihat dalam Proyek Angin Cimarron Bend di Amerika Serikat, salah satu ladang angin terbesar di Amerika Utara.

9. Iberdrola

Iberdrola adalah salah satu raksasa energi Spanyol yang berpusat pada energi angin, dan mereka memiliki portofolio ladang angin yang mengesankan di seluruh Eropa dan Amerika Serikat.  

Salah satu contoh dari pengaruh Iberdrola adalah Whitelee Wind Farm di Skotlandia, salah satu ladang angin darat terbesar di dunia, yang menyediakan energi ramah lingkungan bagi ribuan rumah.  

Selain itu, kehadiran mereka di Amerika Serikat mencakup proyek-proyek seperti Penascal Wind Farm di Texas, yang berkontribusi terhadap lanskap energi terbarukan negara tersebut.

10. EDF Renewable Energy

EDF Renewable Energy, anak perusahaan EDF Group Perancis, adalah pemain terkemuka dalam lanskap energi terbarukan, yang terlibat dalam berbagai proyek yang mencakup pembangkit listrik tenaga angin, surya, dan penyimpanan energi.  

Salah satu contoh dari dampaknya adalah Proyek Angin Slate Creek di Kansas, AS, sebuah ladang angin yang mampu menghasilkan energi ramah lingkungan untuk memberi daya pada ribuan rumah sekaligus mengurangi emisi karbon secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper