Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Sampah Domestik, Olah Kompos Jadi Cuan Bulanan

Pengolahan kompos bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah domestik yang menghasilkan cuan.
Ilustrasi sampah domestik dari kemasan plastik/ Freepik
Ilustrasi sampah domestik dari kemasan plastik/ Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kaltim Prima Coal (KPC), anak usaha PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), berupaya menangani permasalahan lingkungan melalui pengelolaan sampah domestik menjadi kompos di Kabupaten Kutai Timur.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie mengatakan anak usahanya di wilayah sekitar tambang selalu memegang komitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menyukseskan kegiatan SDGs.

“Praktik-praktik terbaik diharapkan dapat menciptakan kemandirian dan memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (11/5/2024).

KPC menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui Pusat Pengolahan Sampah (Composting Training Center/CTC) di Sangatta. Fasilitas tersebut juga memiliki program daur ulang sampah menjadi kompos, selain pengangkutan sampah rumah tangga dan pemilahan sampah.

Salah satu tokoh pengolahan sampah organik dan anorganik di CTC, Andika Yohantoro, secara rutin mengajak warga memilah sampah di setiap rumah dan dikumpulkan dengan metode Bank Sampah. Kepedulian ini dipicu saat melihat kebiasaan warga membuang sampah sembarangan di jalan-jalan perkampungan warga.

Dia menjelaskan kompos yang dihasilkan dapat mencapai 20kg/karung dan dijual seharga Rp45.000. Omzet dari kompos mencapai Rp40 juta per bulan.

Sementara itu, sampah plastik diolah menjadi BBM Pertalite, solar, dan minyak tanah. Sampah organik yang dihasilkan per hari adalah sekitar 3 ton, dan sampah anorganik 1 kuintal atau 2 ton per minggu.

“Pengolahan sampah menjadi kompos adalah salah satu solusi dalam mengurangi sampah domestik di Kutai Timur,” katanya.

Adapun, Andika adalah peraih penghargaan Kalpataru pada 2022 di tingkat Kaltim untuk kategori Penyelamat Lingkungan. Tindakannya dalam pelestarian lingkungan membuatnya meraih Juara 1 Local Heroes setelah sebelumnya memenangkan Lomba Kampung Bersemi dan penerima PNPM Mandiri terbaik se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper