Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menelisik Sejarah Mobil Volvo, ‘Tank asal Swedia’

Berjuluk tank dari Swedia, ini sejarah mobil Volvo yang juga masuk ke Indonesia
Jajaran mobil Volvo Cars Plug-In Hybrid : XC90, XC60, XC40, V90, S90. /VOLVO CARS
Jajaran mobil Volvo Cars Plug-In Hybrid : XC90, XC60, XC40, V90, S90. /VOLVO CARS

Bisnis.com, JAKARTA – Lahir pada 14 April 1927, Volvo pertama kali resmi mengeluarkan mobil perdananya bernama OV4 dan PV4 dengan konsep atap terbuka dan ditenagai mesin empat silinder.

Sosok Assar Gabrielsson dan Gustaf Larsson tidak pernah terhapus dalam berdirinya sejarah Volvo. Pasalnya mereka merupakan pendiri dari perusahaan tersebut dan pengusung pemberian potongan logam diagonal di sisi-sisi mobil Volvo. Sebab itu lah Volvo memiliki rangka yang kokoh hingga dijuluki ‘Tank asal Swedia’.

Tak jarang juga orang menyebutnya ‘Tank berkedok mobil’ karena di beberapa kasus kecelakaan, mobil Volvo tidak mengalami kerusakaan cukup serius. Dalam catatan laman resmi Volvo Club dan Volvocars.com, ketangguhan itu disesuaikan dengan iklim Swedia yang tergolong ekstrem.

Dua tahun berlalu, tepatnya 1929, Volvo merilis model PV 651 dengan mesin enam silinder. Mobil itu bernama Jakob, mempunyai ukuran lebih panjang dan lebar dibanding generasi sebelumnya. Desain yang tampak elegan dan kapasitas mesin lebih besar berhasil menarik perhatian masyarakat.

Sebab,Volvo berhasil membeli perusahaan pemasok mesin dan pada akhir tahun 1931 mampu membagikan dividen untuk pertama kalinya kepada pemegang saham.

Tak berselang lama, di tahun 1931 tepatnya bulan Mei, secara perdana Volvo memproduksi 10.000 unit mobil hingga beberapa dealer Volvo meminta inovasi terbaru agar membuat mobil dengan harga yang ramah dikantong masyarakat. Akhirnya pada 1936, Volvo mengeluarkan model PV 51 dengan desain yang lebih elegan, tapi ukurannya lebih kecil.

Produksinya sempat terbatas saat Perang Dunia Kedua meletus yang menyebabkan kekacauan dimana-mana. Namun hal itu tidak menyulutkan  semangat perusahaan, di mana pada 1944 mengeluarkan PV 444 dan PV 544 yang berhasil terjual 2.300 dalam waktu dua minggu.

Bersamaan keluarnya PV544 juga disertai fitur keamanan sabuk pengaman tiga titik yang pertama di dunia dan dipelopori oleh kepala teknik keselamatan Volvo, Nils Bohlin.

Dalam mendobrak pasar, Volvo untuk pertama kali menjual mobil bertipe sport model P1900 yang diluncurkan pada tahun 1956. Model P1900 ternyata tidak begitu banyak peminat sehingga lahirnya P1800 yang lebih disukai masyarakat di tahun 1960.

Ketenarannya semakin menggila ketika P1800 dipasarkan melalui serial TV “The Saint” bersama salah satu pemeran James Bond, Roger Moore.

Volvo membuka pabrik produksi di Torslanda, Swedia pada tahun 1964 dengan kemampuan produksi hingga 200.000 mobil selama satu dan di tahun 1966 mengeluarkan model Volvo 140 bertipe sedan.

Desain yang sangat digandrungi oleh para konglomerat itu berhasil laku dipasaran. Volvo melakukan gebrakan baru dengan membuat zona crumple, kursi anak yang menghadap ke belakang, kolom kemudi dapat dilipat, pelindung tabrakan di bagian samping, dan konverter katalitik tiga arah dengan lambda sond yang diperkenalkan oleh Volvo pada akhir tahun 1960-an.

Di akhir 1970-an, berhasil menjual Volvo 240 yang memiliki tingkat keamanan dan kualitas bahan rangka lebih baik dibanding 140. Penjualannya pun tembus 4 juta unit.

Masuki era 1980, Volvo 700 sukses menjadi jembatan perusahaan untuk masuk ke pasar eksklusif berkualitas tinggi. Di sisi lain, model 340 didepak dengan seri 400 yang sukses mendapatkan pujian karena mempunyai sistem pengendalian jalan dan keselamatan .

Setelah satu dekade lebih, pada Juni 1991, Volvo 850 diluncurkan sebagai mobil eksekutif penggerak roda depan pertama Volvo yang ditenagai mesin lima silinder. Sehingga berhasil memenangkan banyak penghargaan.

Volvo sempat ingin melakukan merger dengan Renault di tahun 1993, namun gagal mengalami kesepakatan. Volvo pun menjadi salah satu dari sedikit produsen mobil independen yang tersisa.

Ekspansi pasar dilakukan lewat seri S40 dan V40 yang tampak lebih ramping. Produk tersebut diperkenalkan pada tahun 1996. Tak berselang lama, C70 juga hadir di pasaran.

Lalu, sedan seri S80 diluncurkan di tahun 1998 dan wagon V70 pada tahun 1999. Selama periode yang panjang tersebut mulai dari 1927 hingga 2024, Volvo berhasil memproduksi sekitar 24.276.846 mobil. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper