Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Tips Punya Rumah Impian Versi Warren Buffett

Di balik kesuksesannya dalam mengelola keuangan, sosok Warren Buffett kerap membagikan tips dan trik, salah satunya tips membeli rumah.
Warren Buffet seorang investor sukses kerap memberikan tips-tips mengelola keuangan, termasuk cara membeli rumah/Reuters
Warren Buffet seorang investor sukses kerap memberikan tips-tips mengelola keuangan, termasuk cara membeli rumah/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Di balik kesuksesannya dalam mengelola keuangan, sosok Warren Buffett kerap menjadi inspirasi bagi banyak orang. Tidak jarang, Warren juga kerap membagikan tips dan trik yang berkaitan dengan kehidupan, salah satunya tips membeli rumah.

Memiliki rumah impian adalah keinginan bagi banyak orang. Namun, mahalnya harga tanah dan biaya bangun rumah, membuat banyak orang berpikir berkali-kali untuk memulainya, meskipun menggunakan cicilan. Dalam hal ini Warren Buffett memberikan tips yang cukup menarik, supaya masyarakat dapat membeli rumah tanpa rasa ragu.

Dilansir dari nasdaq.com dan maverickinvestorgroup.com, berikut tips membeli rumah ala Warren Buffett:

1. Bersikap realistis

Menurut Redfin, harga rumah mengalami peningkatan rata-rata 45% sejak tahun 2019 hingga pertengahan 2022. Jika Anda baru mengenal pasar perumahan, mungkin tidak ada yang menyadari bahwa peningkatan tersebut terjadi secara tidak normal.
Anda dapat bersikap realistis dengan melihat data dilapangan secara langsung. Jangan memaksakan untuk membeli rumah, karena tergiur dengan keindahan properti, dan desain interior yang ada di dalamnya.

Jika Anda membeli rumah dengan alasan yang tidak pasti, sebaiknya menunda waktu tersebut hingga menemukan rumah yang lebih tepat dan cocok dari segi harga, kualitas, dan kenyamanan.

2. Melihat rumah sebagai investasi

Rumah merupakan investasi terbesar yang dimiliki oleh banyak orang. Fungsinya digunakan sebagai tempat tinggal, tempat cerita, dan menjadi saksi atas setiap perjalanan yang dilalui. Buffett menyarankan untuk membeli rumah yang sama halnya dengan membeli saham tertentu.

Hal tersebut memiliki makna bahwa, sebelum membeli rumah pastikan jumlah keuangan bersifat unlimited. Satu hal yang perlu diketahui adalah, Anda harus melihat rumah sebagai investasi yang membutuhkan banyak dana untuk perbaikan, pajak, dan lain-lainnya. Anda harus memperhitungkan segalanya dalam jumlah yang tepat untuk kepentingan jangka panjang.

3. Membeli dengan penawaran terbaik

Membeli rumah dengan penawaran terbaik adalah salah satu hal yang dicari oleh banyak orang. Setiap orang menginginkan rumah dengan harga terbaik, untuk memberikan keuntungan dan kenyamanan semasa hidup. Anda berhak mencari rumah dengan menyesuaikan bujet dan kebutuhan lainnya secara tepat tanpa memaksakan.

4. Berpikir secara jangka panjang

Jika Anda sudah yakin untuk membeli rumah, maka pastikan seluruh aspek dan kebutuhan sudah dipikirkan secara jangka panjang. Anda dapat membeli dan mengisi properti di rumah dengan kebutuhan yang sifatnya tepat, dan berguna dalam kehidupan. Hindari pembelian properti di luar bujet, untuk menghindari kerugian dan kerusakan dalam jangka panjang.

5. Bersikap sabar

Bersikap sabar merupakan salah satu kunci atas keberhasilan. Dalam hal ini Anda diperlukan untuk sabar mencari dan menunggu waktu yang tepat untuk membeli rumah. Perlu diingat bahwa membeli dan membangun rumah bukanlah salah satu hal yang menghasilkan kekayaan secara instan, tetapi bertahap.

Anda harus menerima dan menjalani seluruh hal tersebut dengan sikap sabar, terbuka, dan tidak terburu-buru. Jika seluruhnya disiapkan dengan cara yang matang, maka hasil yang didapatkan akan sesuai dengan keinginan.

6. Gunakan manajemen properti profesional

Menggunakan manajemen properti secara profesional, merupakan salah satu opsi untuk meminimalisir kebutuhan yang tidak tepat. Jasa properti yang profesional akan membantu menawarkan kebutuhan sesuai dengan besaran dan konsep dari rumah tersebut. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membeli kebutuhan yang tidak mampu dijadikan sebagai investasi dalam jangka panjang.

7. Jangan berspekulasi

Berspekulasi terkadang hanya memberikan kesan yang merugikan bagi satu pihak. Dalam hal ini, Anda tidak boleh berspekulasi lebih dan memihak pada salah satu hal yang diinginkan. Membeli rumah adalah suatu hal yang perlu dipersiapkan secara matang, dari segi finansial, materi, dan sebagainya.

Anda tidak boleh berspekulasi secara lebih dan berangan-angan untuk memiliki rumah dan meraih kekayaan secara cepat. Jika hal tersebut terjadi, niat dan angan-angan Anda untuk memiliki rumah akan terhempas sia-sia oleh pemikiran yang tidak maju dan merugikan.

(Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper