Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Bisnis Itu Sebuah Proses Panjang

Tidak ada sebuah usaha langsung menjadi besar dalam sekejap. Seperti meniti anak tangga, begitulah gambarannya. Seperti kata pepatah lama: Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada sebuah usaha langsung menjadi besar dalam sekejap. Seperti meniti anak tangga, begitulah gambarannya. Seperti kata pepatah lama: Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

“Saya dulu juga mulai dari nol, malah tanpa modal beneran modal dengkul saja. [Saat berbagi pengalaman usaha belum lama ini]. Unuk menjadi pengusaha besar, Anda harus melalui masa-masa berbisnis pemula, dengan segala kendalanya. Bisnis  adalah sebuah proses panjang, yang  mematangkan seorang pelaku usaha. Sekaligus membentuk jiwa pengusaha dalam diri pebisnis pemula.

Tips berbisnis pemula dari Ciputra

  1. Pilihlah produk yang unik. Produk dengan kekhasan atau keunikan baik dari sisi kelebihan, atau dalam pengemasannya akan memberi nilai lebih dimata calon konsumen. Nilai ini akan memberi rasa tertarik calon konsumen untuk melihat dan kemudian membeli
  2. Ciptakan brand yang memikat. Merek atau Brand sangat penting bagi pebisnis pemula. Karena lagi-lagi yang dibutuhkan pebisnis pemula adalah kemampuan memikat konsumen. Brand yang unik, mudah diingat dan mudah dikenali akan membuat konsumen tertarik, membeli dan membeli kembali.
  3. Manfaatkan Internet. Perkembangan dunia Internet dewasa ini sudah sepantasnya menjadi senajata ampuh bagi pebisnis pemula untuk memperluas jangkauan penjualan.  Jangkauan pasar yang luas akan menjadi modal bagi pebisnis pemula untuk terus berkembang.
  4. Gunakan metode pemasaran modern. Metode pemasaran konvensional dengan toko dan grosir kadang justru memperlambat perkembangan penjualan. Konsep pemasaran yang modern seperti sistem keagenan, MLM atau franchise adalah sebuah terobosan mutakhir dunia pemasaran. Berkat metode modern ini, sistem pemasaran akan lebih efisien, menghemat tenaga dan waktu namun memaksimalkan jangkauan pasar. Jadi berbisnis pemula dapat semakin berkembang kan?

Berbisnis pemula,  katanya dalam dana usaha.net, merupakan titik awal seseorang dalam melalui perjalanan panjang menjadi seorang pengusaha besar kelas kakap. Demikian awal Ciputra pengusaha kelas kakap mengawali kisahnya dalam sebuah seminar wirausaha beberapa waktu lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper