Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS: Raup Untung Lewat Jasa Sewa Kostum Badut

Sebuah pesta yang meriah tampaknya belum lengkap tanpa kehadiran badut yang bisa menjadi penyemarak suasana. Apalagi saat ini pesta yang diselenggarakan secara tematik semakin menjamur di berbagai kota

Bisnis.com, JAKARTA- Pesta yang meriah tampaknya belum lengkap tanpa kehadiran badut yang bisa menjadi penyemarak suasana. Apalagi saat ini pesta yang diselenggarakan secara tematik semakin menjamur di berbagai kota.

Jasa penyewaan dan pembuatan badut karakter akhirnya menjadi salah satu peluang usaha yang dapat digarap. Salah satunya dilakukan oleh Rachmad Budiri yang berdomisili di Malang, Jawa Timur.

Pria yang telah lama bergelut di dunia seni itu memulai bisnis pembuatan badut karakter sejak satu dekade lalu, awalnya hanya membantu seorang rekan yang membutuhkan kostum badut Winnie The Pooh untuk bahan promosi sebuah restoran cepat saji.

"Awalnya banyak yang meminta tolong membuatkan badut karakter yang belum ada di pasaran, kemudian saya coba bantu mereka dan hasilnya cukup baik," kenangnya.

Saat ini, Rachmad mengaku telah menerima banyak pesanan baik dari perusahaan swasta maupun instansi pemerintah di berbagai daerah di Indonesia. Belum lama ini dia mengerjakan maskot Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di seluruh Indonesia.

Adapun, proses pembuatan badut yang berbahan dasar gabus dan busa tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 pekan dengan harga yang variatif sesuai kerumitan. Proses pemesanan juga bisa dilakukan secara online melalui website bikinbadut.com.

"Harga pembuatan badut sekitar Rp1,75 juta hingga Rp3 juta, yang paling mahal untuk badut yang sangat rumit seperti Donald Bebek karena harus mencetak bahan fiber untuk bagian bibirnya," katanya.

Prosedurnya pemesanan juga terhitung mudah, calon pembeli cukup mengirim desain karakter yang diinginkan untuk kemudian dibuat pola dan diubah menjadi sebuah kostum badut seukuran manusia.

Jika pelanggan membutuhkan kostum badut hanya untuk kegiatan sementara, Rachmad juga menyewakan kostum badut yang telah tersedia. Harganya juga cukup murah, yaitu Rp75.000 per hari untuk kostum saja, atau Rp150.000 per 2,5 jam jika beserta orang yang mengenakannya.

"Biasanya banyak yang pesan untuk pesta ulang tahun," imbuhnya.

Adapun beberapa karakter yang disediakan untuk disewakan di antaranya badut Minion, Barney, Upin dan Ipin, serta berbagai karakter tokoh kartun lainnya untuk anak-anak.

Selain menyewakan dan membuat kostum badut, dia juga menyediakan jasa penyewaan kostum dan aksesoris tari, jasa pertunjukan sulap dan dekorasi balon untuk mempercantik tempat pesta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper