Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Gaji US$1 Mark Zuckerberg dari Meta, Ada Kompensasi Rp395 Miliar

Mark Zuckerberg tercatat mengantongi pendapatan sekitar US$24,4 juta atau sekitar Rp395,4 miliar dari kompensasi lainnya di Meta
Mengintip Gaji US$1 Mark Zuckerberg dari Meta, Ada Kompensasi Rp395 M/Reuters
Mengintip Gaji US$1 Mark Zuckerberg dari Meta, Ada Kompensasi Rp395 M/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mark Zuckerberg dikenal menerima gaji terendah dari semua staf Meta pada sepanjang 2023, dengan gajinya yang sangat kecil yaitu US$1. Namun, ternyata pemilik Big Tech itu tersebut memperoleh US$24,4 juta dalam “kompensasi lainnya.”

Menurut pernyataan pengajuan proksi, bagian terbesar dari “kompensasi lain” ini menutupi biaya keamanan Zuckerberg.

Meskipun pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa tidak mengungkapkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk melindungi CEO berusia 39 tahun tersebut, namun terungkap tahun lalu bahwa pemilik Facebook itu meningkatkan anggarannya untuk menjaga keamanan bosnya menjadi US$14 juta, naik dari US$10 juta pada tahun-tahun sebelumnya.

Peningkatan pada 2023, yang menandai peningkatan 40% dalam tunjangan keamanan pribadi sebelum pajak Zuckerberg, terjadi selama “tahun efisiensi” eksekutif, ketika perusahaan memberhentikan 13% tenaga kerjanya, atau sekitar 11.000 karyawan. 

Zuckerberg diperbolehkan menggunakan uang tersebut untuk membayar “tambahan personel, peralatan, layanan, perbaikan tempat tinggal” dan kebutuhan terkait keselamatan lainnya.

Sementara itu, dilansir Fortune, dana lain dalam kompensasi Zuckerberg sebesar US$24,4 juta digunakan untuk “biaya yang terkait dengan penggunaan pribadi pesawat pribadi."

Di samping itu, Zuckerberg tidak berpartisipasi dalam rencana bonus dan juga tidak menerima penghargaan ekuitas apa pun. 

Meta juga memasukkan bahwa rata-rata kompensasi tahunan di antara 67.000 lebih karyawannya, tidak termasuk Zuckerberg, adalah sebesar US$379.050.

Sebagai perbandingan, rata-rata pekerja teknologi memperoleh penghasilan antara US$35.000 dan US$120.000 tergantung pada perannya. 

Sebelumnya, Zuckerberg dan istrinya Priscilla telah berjanji untuk memberikan 99% saham Meta mereka untuk tujuan amal selama hidup mereka. Hingga saat ini, mereka telah berkomitmen membayarkan hingga lebih dari US$6,7 miliar melalui filantropi mereka, Inisiatif Chan Zuckerberg, untuk mendukung tujuan mereka membantu para ilmuwan menyembuhkan, mencegah, atau menangani semua penyakit serta proyek lain di bidang pendidikan dan mendukung komunitas lokal.

Meskipun gajinya hanya US$11 sepanjang tahun 2013, Zuckerberg telah melihat kekayaannya membengkak lebih dari US$47 miliar sepanjang tahun ini.

Menurut Indeks Miliarder Bloomberg, Zuckerberg adalah orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih US$176 miliar, hanya tertinggal di belakang taipan fesyen mewah Prancis Bernard Arnault dan Jeff Bezos dari Amazon, yang masing-masing memiliki kekayaan US$220 miliar dan US$202 miliar.

Mayoritas pendapatan Zuckerberg sejauh ini berasal dari sekitar 13% sahamnya di Meta, yang memiliki Facebook, Instagram, dan WhatsApp, menurut Bloomberg.

Tahun ini, harga saham Meta juga meroket lebih dari 43%, ditutup pada Rabu di US$493,50.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper