Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIPUTRA WAY: Ini 10 Kiat Bisnis

Bukan sekadar  mengulang: Tapi mengingatkan.  Ya…seperti yang sudah-sudah: “Entrepreneurship” , kata Raymond W.Y. Kao [1995], “…adalah proses melakukan sesuatu yang baru [kreatif] dan sesuatu yang berbeda [inovatif]

Bukan sekadar  mengulang: Tapi mengingatkan.  Ya…seperti yang sudah-sudah: “Entrepreneurship” , kata Raymond W.Y. Kao [1995], “…adalah proses melakukan sesuatu yang baru [kreatif] dan sesuatu yang berbeda [inovatif] dengan tujuan menciptakan kesejahteraan untuk individu dan memberi nilai tambah bagi masyarakat.

Itulah yang terdapat dalam diri Ciputra. Melakukan, baik hal yang kreatif [baru], maupun hal-hal yang inovatif [berbeda], sehingga karya-karyanya diterima dan dinikmati oleh masyarakat luas.

Kita belajar bagaimana ia dengan mudah terinspirasi dan termotivasi oleh apa yang dilihatnya-terutama perjalanannya di mancanegara—lalu membangun impian dan visi yang kuat, ditambah tekad membaja untuk mewujudkan keinginannya, dengan memanfaatkan segala sumberdaya, pengetahuan, bakat, dan pengalaman yang menunjang.

Kita juga telah mempelajari bagaimana menggali ide-ide bisnis, dengan berkaca pada pengalaman Ciputra yang tak pernah kehabisan ide selama lebih dari empat dasawarsa berkarya. Itu semua dimulai dari visi yang menjadi suluh penerang dalam menggali ide-ide bisnis, yang datang atau terciptanya dimungkinkan lewat berbagai saluran.

Apakah itu inspirasi, secara kebetulan atau bahkan dari eksperimen yang gagal, pengenalan dan pemahaman akan kebutuhan konsumen mau pun lewat teknik-teknik formal ilmiah.

Semuanya mengerucut pada satu hal, yakni ide-ide bisnis yang kreatif, yang menjadikan praktik-praktik terbaik di berbagai bidang sebagai batu penjurunya untuk menghasilkan ide-ide bisnis yang inovatif dan lebih bernilai lagi.

Sekarang, untuk siapa saja yang berminat menjadi entrepreneur, yang hasratnya sudah membara untuk memulai, menciptakan dan menggarap bisnis baru, apa yang masih bisa kita pelajari dari seorang Ciputra? Mungkin ini: kita bisa belajar dari keputusan-keputusan bersejarah yang diambil oleh Ciputra, yang membawanya kepada keadaannya yang sekarang; dan kita bisa menarik hikmah dari sepuluh prinsip bisnis yang dipraktikkan Ciputra selama lebih 40 tahun berkarya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : (ciputraentrepreneurship.com)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper