Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENERIMAAN CPNS: Bersiaplah! Jadwal Tes Dimajukan Jadi September 2013

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) memajukan jadwal Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari semula Oktober menjadi September 2013. Untuk seleksi kali ini tidak dilakukan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) memajukan jadwal Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari semula Oktober menjadi September 2013.

Untuk seleksi kali ini tidak dilakukan serentak karena pelamar akan dites bergantian di hari yang berbeda.

Menurut Arizal, Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB), dimajukannya jadwal pelaksanaan seleksi CPNS untuk umum itu dimungkinkan setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan program Computer Assisted Test (CAT) di seluruh kantor regionalnya.

"Tes CPNS dari pelamar umum Insya Allah dilakukan September. Sebelumnya memang Oktober, tetapi karena menggunakan CAT dimajukan," katanya dalam publikasi resmi di situs Kementerian PAN-RB, Senin (15/7/2013).

Untuk itu, paparnya, pihaknya pada 18 Juli 2013 akan memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta.

Adapun pelaksanaan tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD,  tetap dilaksanakan Agustus tahun ini. "Tes honorer K2-nya yang kita dahulukan, baru pelamar umum".

Dia menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS 2012 akan menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini dipilih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional.

“Materi soal yang ada di sistem CAT merupakan hasil kerja Konsorsium Perguruan Tinggi ditambah tim ahli. Soalnya tidak sedikit tapi ada ribuan. BKN juga sudah memiliki bank data yang memuat puluhan ribu soal," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper