Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jarak dan Kemacetan Masalah dalam Mencari Kerja

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak hal yang dipertimbangkan para pencari kerja ketika melamar pekerjaan, tidak hanya terkait reputasi perusahaan atau jenis pekerjaan yang disasar. Persoalan jarak perusahaan dengan tempat tinggal pun menjadi pertimbangan penting,

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak hal yang dipertimbangkan para pencari kerja ketika melamar pekerjaan, tidak hanya terkait reputasi perusahaan atau jenis pekerjaan yang disasar. Persoalan jarak perusahaan dengan tempat tinggal pun menjadi pertimbangan penting, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota besar.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh situs pencari kerja online Jobstreet.com terhadap 10.970 member pencari kerja, sebanyak 76,7% mengatakan salah satu faktor utama mereka dalam mencari pekerjaan adalah lokasi perusahaaan.

Pasalnya, jarak yang terlampau jauh, ditambah kemacetan lalu lintas yang dihadapi akan mempengaruhi produktivitas mereka pada saat bekerja, seperti yang diungkapkan oleh 65,9% responden.

Hal tersebut dikarenakan jarak dan kemacetan ini, sering kali membuat sekitar 65,3% responden terlambat tiba dikantor. Sebanyak 36,6% responden menghabiskan waktu sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam untuk mencapai kantor. Tidak mengherankan bila 68,3% pekerja berpikir untuk pindah ke perusahaan lain yang jaraknya lebih dekat.

Aria Buditama, market Communication Executive Jobstreet.com Aria Buditama mengatakan memiliki pekerjaan yang jauh dari tempat tinggal dan menghadapi kemacetan memang dapat mempengaruhi produktivitas terutama semangat pada saat bekerja.

“Oleh karena itu manajemen waktu menjadi suatu hal yang penting bagi setiap orang agar selalu dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan untuk peningkatan karier dan prestasi Anda,” ucapnya dalam rilis yang diterima Bisnis hari ini, Kamis (15/8/2013).

Dari survei tersebut diketahui, 57,8% menyatakan bahwa jarak dari tempat tinggal mereka ke kantor lebih dari 10 km. Untuk mengatasi jarak dan kemacetan yang dihadapi pekerja di kota besar, sekitar 59,1% responden menggunakan kendaraan roda dua.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper