Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Omzet, Gaet Konsumen Jadi Reseller

Bisnis.com, JAKARTA - Berawal dari hobinya yang memang senang berjualan, Siti Rahma Yuliati mencoba untuk membuka bisnis sendiri.

Bisnis.com, JAKARTA - Berawal dari hobinya yang memang senang berjualan, Siti Rahma Yuliati mencoba untuk membuka bisnis sendiri.

Dia memulainya melalui facebook dengan membuat fanpage Rahma O-Shop pada 2010. Modal yang dikeluarkannya kala itu hanya Rp500.000 untuk membeli selusin baju perempuan di ITC.

“Saya memulai usaha melalui online karena itu paling murah dan efektif,” ucapnya ditemui disela Seminar Ednovate Teknik dan Strategi Jitu Meningkatkan Omzet Bisnis, Sabtu (14/9).

Tidak hanya memanfaatkan facebook, ibu dua anak ini juga mempromosikan produknya melalui BBM. Untuk menarik minat calon costumer, biasanya dia rajin mengganti display picture BBM dengan produknya. “Saya tidak pernah BC, biasanya hanya ganti-ganti foto. Nanti pembeli akan datang sendiri. Untuk alamat websitenya ada di www.rahma-oshop.com, ” jelasnya.

Rupanya baju-baju yang ditawarkan oleh Rahma menarik minat banyak costumer, pemesanan terus meningkat. Dia pun semakin semangat memperbanyak stok dan menambah modal. Namun, produk yang ditawarkan malah berkembang ke pakaian muslim, mengingat besarnya permintaan konsumen akan baju muslim seiring dengan maraknya trend hijabers.

“Pada bulan kedelapan saya mulai merekrut karyawan untuk membantu menghadle penjualan karena bila bekerja sendiri akan keteteran, sebab pemesanan sudah mencapai 300 pc per bukan. Apalagi saat itu saya sambil bekerja di bank,” ucapnya.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, dia pun mulai bekerja sama dengan konveksi besar. Dari sana, harga yang didapatkan lebih murah sekitar Rp15.000 dari harga di ITC dan Tanah Abang sehingga harga baju yang dijualnya pun menjadi lebih bersaing. Tidak sedikit diantara costumer yang awalnya hanya membeli kemudian beralih menjadi reseller dropshipnya.

“Dengan harga konveksi yang lebih murah, saya pun menjualnya lebih murah sehingga menarik minat para costumer menjadi reseller. Saat ini saya memiliki sekitar 200 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia, ada pula yang di Malaysia,” ucapnya.

Ibu dari dua anak ini memang tidak berfokus pada keuntungan tetapi lebih mengejar volume atau omzet. Dalam sebulan rata-rata dia bisa menjual sekitar 1.500 hingga 1.700 pc dengan omzet sekitar Rp100 juta per bulan atau Rp1,5 miliar per tahun, keuntungan bersih 15%.

Pada tahun ini Rahma sedang menyiapkan strategi untuk meningkatkan omzet hingga mencapai Rp2 miliar.  Oleh karena itulah dia aktif mengikuti berbagai seminar dan mempraktekan ilmu yang telah didapatkan, rajin beriklan di google, dan facebook ads.

“Beriklan di facebook ads Cuma Rp10.000 sehari, dan dalam sebulan saya bisa mendapatkan 5.000 likes. Untuk website pun saya tidak hanya berjualan tetapi juga memberikan tips-tips mengenakan hijab, begitu juga dengan di twitter sehingga costumer menjadi senang ”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper