Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: 10 Pesan Untuk Entrepreneur Muda

Apa yang harus dilakukan oleh para entrepreneur muda yang akan memasuki dunia persaingan? Ciputra, tokoh entrepreneur Indonesia, mempunyai sepuluh pesan yang harus dipegang oleh para entrepreneur muda.
Begawan Properti Ciputra/Forbes.com
Begawan Properti Ciputra/Forbes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apa yang harus dilakukan oleh para entrepreneur muda yang akan memasuki dunia persaingan? Ciputra, tokoh entrepreneur Indonesia, mempunyai sepuluh pesan yang harus dipegang oleh para entrepreneur muda. Ini dia pesannya:

  1. Hanya karena Anda masih muda bukan berarti Anda memiliki banyak waktu, dan bisa menghambur-hamburkannya dengan leluasa.
  2. Para entrepreneur muda harus memiliki mentor yang mumpuni dan berpengalaman. Anda sungguh beruntung jika bisa menemukan mentor bisnis yang sesuai dengan kepribadian dan selera Anda sehingga Anda berdua bisa berkembang bersama. Bukan hanya mentor yang bisa mengajari Anda tentang cara berbisnis yang baik tetapi bagaimana menikmati hidup dan menjalani hidup dengan baik, karena keduanya saling terkait erat.
  3. Baca buku-buku yang berkualitas. Seperti halnya perut, otak kita juga membutuhkan makanan, tetapi bentuknya adalah pikiran-pikiran yang membuat Anda makin maju sebagai entrepreneur. Oleh karena itu, jangan segan untuk berinvestasi dengan membaca buku-buku yang tidak hanya menarik tetapi juga memberikan pengetahuan dan wawasan bagi Anda.
  4. Berkumpullah dengan orang yang tepat. Banyak orang yang salah menempuh jalan karena mereka berkumpul bersama dengan orang yang salah. Berkumpullah dengan mereka yang Anda bisa jadikan panutan atau teladan. Anda mungkin akan kesulitan bersosialisasi dengan mereka karena mereka memberikan banyak tantangan dan membuat Anda harus mendengarkan banyak hal yang Anda belum mengerti atau malah segan untuk dengar, tetapi ketahuilah bahwa semua itu adalah 'vitamin' bagi Anda. Ambil semua pelajaran dan hikmah dari mereka. Di situlah, Anda akan makin tumbuh berkembang lebih baik meskipun rasanya kurang nyaman. Ingatlah, saat Anda merasa kurang nyaman berarti Anda sedang menuju perbaikan. Sepanjang sakit dan rasa kurang nyaman itu untuk kemajuan diri, mengapa tidak?
  5. Hadiri acara yang sesuai. Sebagai entrepreneur, pilihlah acara-acara yang tepat untuk dihadiri. Bijaklah memilih acara yang akan membuat Anda bertemu lebih banyak orang yang bisa membuat Anda maju, bukan membuat Anda senang melulu.
  6. Anggaplah diri Anda sendiri lebih serius daripada anggapan orang lain. Ini sangat fundamental. Jika Anda sendiri menyepelekan diri Anda dengan bertindak dan bersikap tidak profesional, tidak kompeten, dan tidak berintegritas, perlahan tapi pasti orang lain akan menganggap kata-kata Anda sebagai lelucon. Jika Anda tidak bisa meyakinkan diri Anda bahwa impian Anda bermakna, bagaimana harus meyakinkan investor dan konsumen nantinya?
  7. Kuasai bidang Anda hingga sebaik mungkin. Penguasaan medan sebelum terjun adalah mutlak. Menerjunkan diri ke suatu bidang usaha yang Anda tidak tahu sama sekali mirip dengan bunuh diri.
  8. Jangan ragu untuk menunjukkan keahlian dan hasil kerja Anda. Mungkin orang akan menganggap Anda pamer tetapi jika Anda tidak menunjukkan apa yang Anda miliki, tidak akan ada yang tahu Anda memiliki potensi. Dengan demikian, Anda bisa meyakinkan para angel investor, para konsumen potensial.
  9. Mulai dari usia dini. Tidak ada kata terlalu dini. Mulailah berwirausaha dari usia muda. Dan meskipun Anda sudah merasa terlambat, mulailah saja sekarang.
  10. Miliki passion yang tinggi. Salah satu hal yang membuat seorang entrepreneur bertahan ialah passion yang kuat saat memulai dan menjalani proses berentrepreneurship. Anda akan banyak mengalami hambatan, terbentur kendala, menemui orang-orang yang tidak sepenuhnya mendukung, atau masalah besar lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : www.ciputraentrepreneurship.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper