Olahan Serba Susu Gurih dan Makyuss

Feni Freycinetia Fitriani | 02 April 2014 19:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Susu merupakah produk hasil ternak yang bergizi tinggi. Kandungan kalsium, protein hewani, dan lemak yang ada di dalamnya terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain kandungan gizi yang lengkap, susu juga memiliki rasa manis dan gurih. Tak heran, minuman sehat ini digemari semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Seiring berkembangnya teknologi, produk susu kini tak hanya dapat diolah menjadi minuman. Produk susu sapi ternyata bisa diproduksi menjadi berbagai macam produk turunan bernilai ekonomis. Alhasil, banyak pelaku usaha susu yang menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Produsen susu mulai berlomba-lomba menciptakan aneka kreasi produk olahan susu, mulai dari yogurt, permen susu, pie, hingga kerupuk susu.

Salah satu pelaku usaha yang berhasil memanfaatkan potensi susu adalah Lucy T. Mayasanti. Dia merintis usaha pengolahan susu sapi yang dinamakan Serba Susu sejak 2009.

Perempuan asal Bandung ini mengaku awalnya dia hanya fokus menjadi peternak sapi dan menjual susu segar. Namun, bisnis yang dijalani sejak 2000 ini tak menghasilkan keuntungan. “Harga jual susu segar terlampau murah. Penghasilan saya tidak bisa menutupi biaya operasional,” katanya.

Lucy pun mencoba mencari jalan keluar. Berbekal hobi memasak dan membuat kue, dia pun mencoba membuat berbagai olahan dari susu segar. Percobaan pertama, dia membuat yogurt susu aneka rasa. Dia menjual yogurt tersebut ke kampus dan menitipkannya di toko. Tak disangka, minuman tersebut disukai banyak orang.

Melihat tanggapan yang postif, Lucy makin bersemangat membuat olahan lain dari susu segar. Berkat kreativitas dan kerja keras, Serba Susu kini  memiliki 20 varian produk olahan susu. Produk-produk tersebut antara lain susu segar, yogurt, es krim, permen, nougat, cheese stick, pie, hingga kerupuk.

Produk tersebut dijual mulai dari Rp8.000—Rp25.000 per buah. “Margin keuntungan yang didapat mencapai 30%—50%, tergantung produknya,” katanya.

Selain bergizi, susu juga memiliki rasa gurih yang khas. Namun demikian, susu sapi segar sangat rentan oleh kuman. Oleh karena itu, produsen susu menjaga proses pengolahan agar steril dan higienis.

Hal inilah yang dijalankan oleh Lucy. Kendati masih menggunakan teknologi pengolahan tradisional, pemilik Serba Susu ini mengaku tetap menjaga susu agar tetap steril. Caranya adalah dengan melaksanakan proses pasteurisasi. “Sebelum diolah, semua susu segar harus dipasteurisasi terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menghilangkan kuman dan memperpanjang umur susu,” katanya.

Setelah itu, Lucy masuk ke dapur untuk membuat berbagai olahan produk susu yang dia inginkan. Tak jarang dia harus mengalami kegagalan berulang-ulang hingga mendapat resep makanan yang pas. Sesudah mendapat resep yang pas, dia lantas mengajarkan tahapan-tahapan pembuatan makanan kepada karyawannya.

Lucy dan 25 karyawan Serba Susu membutuhkan minimal 200 liter susu segar untuk bahan baku. Dari jumlah tersebut, dia bisa menghasilkan 200 botol susu segar, 200 botol yogurt, 200 porsi es krim, 150 kemasan permen, 100 bungkus kerupuk, dan lainnya. Jumlah ini meningkat hingga 2 kali lipat menjelang hari libur.

Dia menyasar turis untuk memasarkan produk Serba Susu. “Daerah Lembang adalah salah satu destinasi wisata di kota Bandung. Saya berharap produk Serba Susu bisa menjadi oleh-oleh khas Lembang,” ujar Lucy.

Harapan Lucy nampaknya menjadi kenyataan. Karena banyaknya variasi dan rasa yang enak, banyak turis mendatangi outlet Serba Susu. Menurutnya, produk yang paling laris adalah permen susu dan yogurt aneka rasa. Untuk memperluas jaringan pemasaran, Lucy juga sering kali mengikuti pameran dan promosi di dunia maya.

Tag : peluang usaha
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top