Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOWONGAN CPNS: Terbesar, Kemenkeu Rekrut 9.000 Pegawai

Kementerian Keuangan membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh tanah air untuk mengisi lowongan penerimaan 9.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum, pada seleksi penerimaan CPNS tahun ini.
Kantor Kementerian Keuangan/JIBI
Kantor Kementerian Keuangan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Keuangan  membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh tanah air untuk mengisi lowongan penerimaan 9.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum, pada seleksi penerimaan CPNS tahun ini.

Jumlah 9.000 CPNS ini merupakan terbesar yang direkrut instansi pemerintah pada tahun anggaran 2014.

Posisi yang terbuka untuk penerimaan CPNS ini adalah: a. Penata Laporan Keuangan; b. Verifikator Keuangan; c. Analis Anggaran; d. Analis Pajak; e. Verifikator Pajak; f. Analis Bea dan Cukai; g. Verifikator Bea dan Cukai; h. Mualim; i. Juru Motor; j. Juru Mudi; k. Juru Minyak; l. Kelasi Kapal; m. Operator X-Ray; n. Analis Fiskal; dan o. Administrasi Persuratan.

“Lowongan ini terbuka untuk lulusan mulai dari SMK (Administrasi Persuratan, Kelasi Kapal, dsb); Diploma III (Verifikator Bea Cukai, Mualim, dsb); dan Sarjana Strata I (S1) dari berbagai jurusan (Akuntani, Ekonomi Syariah, Hukum, Komunikasi dan  Tehnik Sipil),” kata Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan, Ki Agus Badaruddin, dalam pengumumannya sebagaimana dilansir situs Seskab, Senin (25/8/2014).

Ia menyebutkan  para peminat harus memenuhi persyaratan di antaranya: 1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/Pegawai Negeri; 2. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain; 3. Nilai IPK minimal 2,75 (S1); untuk DIII (2,50-2,75); dan SMK untuk ujian tulis rata-rata 6,50-7,00.

“Usia pelamar minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk sarja,” jelas Ki Agus Badaruddin.

Khusus untuk jurusan Mualim, Juru Motor, Juru Mudi, Juru Minyak dan Kelasi Kapal, menurut Ki Agus, hanya terbuka khsus untuk laki-laki, tinggi badan minimal 155 cm, tidak buta warna dan tidak cacat hukum.

BISA ONLINE

Bagi yang berminat, lamaran bisa diajukan pada 24 Agustus 2014 – 7 September 2014 secara online melalui website: http://panselnas.menpan.go.id . Setelah memperoleh notifikasi melalui email dari portal nasional itu, peminat harus melakukan pendaftaran online melalui website: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id pada periode 25 Agustus – 9 September 2014.

Menurut Ki Agus, pihaknya melakukan 4 (empat) tahap seleksi dengan sistem gugur dalam penerimaan CPNS 2014 ini, yaitu: 1. Seleksi administrasi; 2. Tes Kompetensi Dasar (TKD); 3. Psikotes Lanjutan; dan 4. Tes Kesehatan dan Kebugaran, serta Wawancara.

Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan ini, menurut Ki Agus, untuk semua jurusan dilaksanakan di 5 (lima) kota, yaitu: Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta.Khusus untuk jurusan Mualim, Juru Motor, Juru Mudi, Juru Minyak dan Kelasi Kapal, seleksi juga akan dilaksanakan di Batam dan Semarang.

“Pengumuman lulus seleksi administrasi akan dilakukan tanggal 16 September melalui portal www.kemenkeu.go.id dan http://rekrutmen.kemenkeu.go.id, “ jelas Ki Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper