Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Serahkan Beasiswa Rp4,1 Miliar Sepanjang 2014

Sepanjang 2014, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk memberikan beasiswa sebesar Rp4,1 miliar kepada mahasiswa dari 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Bisnis.com, MALANG--Sepanjang 2014, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk memberikan beasiswa sebesar Rp4,1 miliar kepada mahasiswa dari 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah VII BCA, Iwan Senjaya, mengatakan nominal beasiswa tersebut mengalami peningkatan dari sisi jumlah jika dibandingkan dengan 2013 sebesar Rp3,8 miliar dan 2012 senilai lebih dari Rp1 miliar.

“Diantara 16 PTN tersebut satu diantaranya adalah Universitas Brawijaya (UB) Malang,” kata Iwan disela penyerahan beasiswa kepada mahasiswa UB Malang, Rabu (1/10/2014).

Dari Rp4,1 miliar beasiswa yang diserahkan tersebut UB mendapat lebih dari Rp300 juta, sisanya tersebar di 15 PTN lainnya.

BCA sengaja memberikan beasiswa kepada mahasiswa di PTN karena sejumlah alasan diantaranya mahasiswa PTS dinilai lebih mampu jika dibandingkan dengan yang ada di PTN.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan upaya dari BCA untuk terus meningkatkan dukungannya  terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

“Upaya untuk meningkatkan dukungan terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas SDM tersebut kami lakukan sejak 1999 melalui  Program Beasiswa Bakti BCA,” jelas dia.

BCA secara khusus memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan, karena percaya bahwa para mahasiswa berprestasi yang merupakan calon pemimpin masa depan tersebut memiliki potensi yang harus didukung pengembangannya.

Era saat ini merupakan era borderless yang kompetitif, termasuk persaingan kualitas SDM yang sudah tidak lagi dibatasi oleh wilayah geografis. Persaingan SDM Indonesia adalah melawan SDM bangsa-bangsa lain dan untuk itu Indonesia  perlu SDM yang handal.

"Kami berharap apa yang hari ini dilakukan dapat turut mendukung upaya kita bersama untuk meningkatkan daya saing serta kualitas SDM Indonesia,” ujarnya.

Prof. Budi Setiawan, Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan UB Malang, mengatakan mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik namun berasal dari keluarga yang tidak mampu.

“Jumlah mahasiswa UB saat ini sebanyak 60.000 orang. Dari jumlah itu sebanyak 6.000 diantaranya adalah mahasiswa yang berprestasi namun tidak mampu,” tambah dia.

Jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut baru 10% dari total mahasiswa yang ada di UB. Jumlah tersebut masih jauh di bawah ideal seperti yang dipatok pemerintah yakni sebanyak 20% dari total mahasiswa.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper