Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TES CPNS 2014: Pemkot Surakarta Percepat Jadwal Ujian

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta mempercepat pelaksanaan ujian masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Surakarta, dari yang seharusnya Desember menjadi Oktober 2014.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 03 Oktober 2014  |  10:28 WIB

Bisnis.com, SOLO – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta mempercepat pelaksanaan ujian masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Surakarta, dari yang seharusnya Desember menjadi Oktober 2014.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta, Hari Prihatno mengatakan tes CPNS ini dilaksanakan pada 20-27 Oktober 2014 di gedung Graha Solo Raya.

"Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Pemprov Jateng, ujian penerimaan CPNS di Pemkot Surakarta yang menggunakan sistem "computer assisted test" (CAT) bagi 6.983," katanya, seperti dikutip Antara, Jumat (3/10/2014).

Semula, jadwal ujian masuk ini ditetapkan Desember, tetapi karena Pemkot Surakarta menilai pihaknya sudah siap melaksanakan, makanya diputuskan untuk digelar lebih awal.

Dia menjelaskan untuk hari pertama ujian, akan dikhususkan bagi calon peserta asal Kabupaten Sragen. Informasi lebih rinci akan diperoleh calon peserta melalui surat pemberitahuan yang dikirimkan melalui pos tersebut. "Termasuk jadwal pelaksanaannya, syarat-syarat, dan sebagainya," katanya.

Di sisi lain, Kabid Pengembangan Pegawai BKD Pemkot Surakarta Lancer S. Naibaho mengatakan ujian sistem CAT digelar sebanyak lima sesi dalam sehari.

"Satu sesi terdiri 200 peserta, di mana waktu yang disediakan untuk menyelesaikan 100 soal adalah satu setengah jam. Dengan demikian, perkiraan untuk mengerjakan satu soal adalah 54 detik," katanya.

Dia mengatakan BKD Surakarta bakal menginformasikan kepada pelaksanaan ujian CAT kepada pelamar CPNS 2014 melalui pos, agar intervensi dari pihak luar dalam proses penerimaan CPNS bisa diminimalkan.

"Panitia memang diharuskan untuk meminimalkan kontak langsung dengan peserta. Demi independensi panitia, kami memilih menginformasikan ujian CAT itu kepada pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat (MS), melalui pos," katanya.

Lancer mengatakan mulai Rabu (1/10), proses pengiriman pemberitahuan tersebut sudah diproses BKD. "Seluruh pemberitahuan sudah dikirimkan ke alamat pelamar paling lambat 7 Oktober (cap pos). Kami akan mengirimi seluruh pelamar CPNS yang sudah mengirimkan berkas administrasi. Baik yang dinyatakan MS maupun tidak memenuhi syarat (TMS),” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tes cpns Lowongan CPNS 2014
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top