Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENERIMAAN CPNS 2014: Kementerian ESDM Wawancarai 1.595 Peserta

Panitia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian ESDM tahun ini tengah melakukan tes wawancara kepada 1.595 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lulus tes tertulis pada tahapan sebelumnya.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian ESDM tahun ini tengah melakukan tes wawancara kepada 1.595 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lulus tes tertulis pada tahapan sebelumnya.

Kementerian ESDM, dalam situs resminya, menyatakan test wawancara tersebut dilakukan pada Senin (15/12/2014).

"Nantinya, peserta wawancara atau tes kemampuan bidang (TKB) yang dinyatakan lulus akan diterima menjadi calon pegawai negeri sipil Kementerian ESDM," tulis Kementerian ESDM dalam situs resmi resmi, Senin (15/12/2014).

Peserta tes pada tahapan ini diwawancarai oleh kepala unit kerja yang dilamarnya dan didampingi satu pewawancara dari unit lain yang membawahi bidang kepegawaian.

Materi yang ditanyakan kepada peserta wawancara meliputi kepribadian, intelektualitas dan bagaimana peserta CPNS menerapkan pekerjaannya dalam kerja tim sesuai dengan dengan nilai-nilai Pancasila serta latar belakang pendidikan dan penguasaannya terhadap tupoksi kerja yang akan diembannya.

Kementerian ESDM merupakan Kementerian teknis yang memiliki peran yang strategis dalam pengelolaan dan penentuan kebijakan bidang energi dan sumber daya mineral.

Kebijakan yang dihasilkan berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan berbangsa dan negara karena itu diperlukan sumber daya manusia yang handal, berkualitas dan profesional yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik. "Penguasaan terhadap bidang pekerjaan yang akan dijabatnya sangat diperlukan.

Tes wawancara atau TKB merupakan rangkaian terakhir dari proses seleksi penerimaan CPNS. Pada 2014, Kementerian ESDM menyediakan formasi untuk CPNS sebanyak 800 formasi.

Dalam seluruh rangkaian proses seleksi Kementerian ESDM tidak memungut biaya apapun dan jika ada orang-orang yang mengatasnamakan panitia saringan seleksi penerimaan pegawai KESDM menjanjikan dapat diterima dengan syarat memberikan sejumlah uang, maka itu tidak benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Nurbaiti
Sumber : esdm.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper