Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Memimpin Kampus, Perempuan Harus Siap Bertarung

Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina mengaku tidak mudah baginya untuk mencapai posisi nomor satu di kampus.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 12 Juni 2015  |  01:34 WIB
Ilustrasi mahasiswa - Bisnis.com
Ilustrasi mahasiswa - Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG--Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina mengaku tidak mudah baginya untuk mencapai posisi nomor satu di kampus.

"Kita [perempuan] harus jadi petarung," katanya dalam Forum Kepemimpinan Perempuan USAID, di Tangerang, Kamis (11/6/2015).

Pertarungan yang harus dihadapi di lingkungan perguruan tinggi tidak mudah. Meraih kepercayaan untuk mengemban amanat sebagai rektor, akademisi perempuan harus memiliki program yang jelas.

Bukan cuma program tetapi mereka juga harus mampu mengejawantahkannya menjadi sasaran dan aksi nyata. Oleh karena itu, untuk mencapai posisi nomor wahid harus dilakukan secara terencana bukan tergopoh-gopoh.

"Karena yang kita hadapi di perguruan tinggi di dalamnya adalah orang-orang cerdas, orang-orang yang super tahu," tutur Dwia.

Apa yang diutarakannya merupakan respon terhadap isu minimnya partisipasi kepemimpinan perempuan di perguruan tinggi. Proporsi pengajar perempuan di institusi pendidikan tinggi berkisar 21% - 72% dan yang memimpin di institusi masing-masing cuma 6% - 20%.

Kendatipun kampus diisi orang-orang berpendidikan tak lantas bebas dari bias gender. Salah satu wujudnya tatkala bersentuhan dengan pengambilan keputusan, tak jarang kerap dihubungkan dengan maskulinitas yang akhirnya merujuk kepada laki-laki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepemimpinan perempuan usaid helm universitas hasanuddin
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top