Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikea Foundation Beri Bantuan ke Suku di Amazone

IKEA Foundation bermitra dengan Forest Trends yang telah bekerja sama dengan suku Surui dan suku lainnya di Amazon yaitu suku Yawanawa untuk meningkatkan pendapatan keluarga komunitas tersebut sambil melestarikan tradisi budaya mereka.
Tanah Surui kini dikelilingi oleh peternakan sapi /jabarprov.go.id
Tanah Surui kini dikelilingi oleh peternakan sapi /jabarprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA- IKEA Foundation bermitra dengan Forest Trends yang telah bekerja sama dengan suku Surui dan suku lainnya di Amazon yaitu suku Yawanawa untuk meningkatkan pendapatan keluarga komunitas tersebut sambil melestarikan tradisi budaya mereka.

Kepala suku Surui di Brasil Chief Almir mengatakan mata pencaharian suku Surui adalah berburu ikan menggunakan tombak dan sebanyak mungkin memanfaatkan hasil hutan.

Pada tahun 1969, untuk pertama kalinya pihak luar berhubungan dengan suku Surui. Sejak saat itu, masyarakat Surui menghadapi tekanan dari luar yang akhirnya mengancam keberlangsungan budaya dan tata cara kehidupan mereka.

“Budaya kami hampir punah. Kami menghadapi banyak tantangan demi menjaga tradisi dan nilai-nilai kepercayaan kami," ujarnya, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (19/6/2015).

Tanah Surui kini dikelilingi oleh peternakan sapi yang memproduksi daging sapi dan bahan kulit untuk keperluan bisnis di berbagai belahan dunia, termasuk IKEA.

Peternakan sapi tersebut memberikan peluang baru bagi masyarakat sekitarnya, walaupun juga sebagai tantangan baru bagi kelangsungan dari tata cara kehidupan masyarakat setempat.

"Pelatihan agro-forestry sangatlah penting karena baik bagi lingkungan. Hal ini memperkuat budaya kami, dan memberi kami sumber penghasilan," paparnya.

Forest Trends juga menggunakan kombinasi unik antara pelatihan agro-forestry, strategi pemberdayaan wanita dan pertukaran pemuda, program ini membantu para keluarga membangun cara melindungi hutan tropis untuk jangka panjang dan mendapatkan penghasilan yang berkelanjutan.

Para keluarga belajar tentang cara menggabungkan proyek penanaman pohon – yang memberikan keuntungan jangka panjang bagi komunitas setempat – dengan tanaman yang dapat dipanen dalam jangka pendek untuk menghasilkan uang secara lebih cepat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

Kaum muda dari kedua suku tersebut dapat bertukar pikiran untuk memperkuat rasa kepemilikan dan berbagi tradisi budaya masing-masing. Hal ini seperti program kepeminpinan untuk membekali mereka dengan pengetahuan, pendidikan dan ketrampilan yang dibutuhkan agar lebih sejahtera dan berhasil.

"Kini anak-anak di suku Surui dan Yawanawa memiliki masa depan yang lebih cerah, dimana para keluarga tidak perlu mencari pekerjaan di tempat lain, melainkan di peternakan sapi di sekitar tempat tinggal mereka."

Ririn Basuki, IKEA Indonesia Public Relations mewakili IKEA Foundation mengatakan pihaknya percaya bahwa semua anak memerlukan tempat yang aman di rumah, didukung dengan penghasilan keluarga yang mencukupi dan berkelanjutan.

"Hal itu yang menjadi alasan mengapa IKEA Foundation bermitra dengan Forest Trends untuk membantu komunitas suku Surui dan Yawanawa di Brasil guna melestarikan hutan tropis sekaligus kehidupan masyarakatnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper