Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BJB: Program CSR Diarahkan ke Perbatasan Jabar

Pemilik saham mayoritas Bank BJB meminta dana corporate social responsibility (CSR) BUMD tersebut diarahkan ke wilayah perbatasan Jabar dengan provinsi tetangga.
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Pemilik saham mayoritas Bank BJB meminta dana corporate social responsibility (CSR) BUMD tersebut diarahkan ke wilayah perbatasan Jabar dengan provinsi tetangga.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta BJB mulai memperluas cakupan CSR di sektor pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat Jabar.  Mempeluas jangkauan CSR seiring program Pemprov Jabar yang tengah membangun daerah perbatasan.

“Nanti juga kita akan membangun kawasan-kawasan dengan layanan kesehatan di perbatasan kabupaten satu dengan lainnya, perbatasan provinsi Jabar dengan provinsi lainnya. CSR itu kita akan dorong ke sana, untuk pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat," katanya di Bandung, Jumat (26/6/2015) malam.

CSR BJB yang disalurkan ke Pemprov Jabar berupa pembangunan ruang kelas baru, bantuan renovasi dan pembangunan masjid, bantuan pengadaan sarana air besih, pembangunan saung teater rumah pintar dan yang lainya.

Namun, dana CSR tetap harus dipergunakan untuk kepentingan pendidikan dan layanan kesehatan masyarakat di seluruh kabupaten/kota.

"Pokoknya CSR itu kita dukung untuk lebih ke pendidikan dan layanan kesehatan. Kepedulian terhadap masyarakat Jabar terus dilakukan. SD sudah gratis, SMP sudah gratis, insya allah SMA pun akan gratis. Jadi tidak ada lagi anak Jabar yang putus sekolah. Seluruh warga Jabar juga sehat," katanya.

BJB dengan Pemprov Jabar baru-bari ini menggelar acara Jabar Bersyukur: Buka Bersama BJB dan Pemprov Jabar yang mengundang 6.000 peserta yang terdiri dari pegawai BJB, bobotoh Persib, 2.000 anak yatim se-Bandung di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga).

Diramaikan oleh artis ibukota Opick yang juga terkenal dengan musik-musik religinya serta tausiyah agama yang disampaikan oleh ustadz Yusuf Mansyur, Ahmad Heryawan sendiri memuji keseriusan bjb dalam mengemas penyaluran CSR."Tentu bagus yah, kita peduli bahwa kepeduliannya [bjb] tidak hanya sekedar buka puasa bersama," katanya.

Selain buka puasa bersama kegiatan yang diambil dari dana corporate social responsibility (CSR) ini akan memberikan santunan kepada anak yatim serta santusan kepasa petugas kebersihan, penjaga rel kereta api, penjaga makam serta penyelenggara jenazah dan marbot masjid.

Menurut Gubernur, jika seluruh perusahaan baik swasta maupun BUMD dan BUMN memiliki kepedulian besar seperti bjb, pihaknya yakin upaya Pemprov membangun Jabar bisa makin ringan dan jauh lebih baik. “Sinergi antara pemerintah, swasta, BUMD dan masyarakat bisa membuat Jabar lebih baik,” katanya.

Dirut BJB Ahmad irfan mengatakan semua pihak harus saling mengisi dan memberi kontribusi untuk membangun masyarakat yang lebih maju dan sejahtera. "Kami tekankan pentingnya BJB bersama Pemprov dan masyarakat saling mengisi dan berkontribusi, untuk membangun masyarakat lebih maju dan sejahtera," katanya.

BJB sebelumnya menyelenggarakan beberapa kegiatan CSR seperti TPS Terpadu Berbasis Teknologi Biodigester, BJB Greenschool di 16 sekolah, Bank Sampah di 30 titik Kota Bandung, pelatihan keterampilan wirausaha BJB, khitanan massal 1.300 anak di 7 kota di Indonesia, dan program santunan 1.000 anak yatim dan duafa, sepeda santai bersama anak yatim, pemberian bibit pohon, dan donor darah.

"Program CSR merupakan komitmen BJB untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan dan sebagai wujud kepedulian BJB dalam menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap pembangunan ekonomi, peningkatan kualitas hidup masyarakat, lingkungan, dan dan pendidikan khususnya di wilayah Jabar," katanya. (k57)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper