Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Destry Damayanti: Jadi Pemimpin Mesti Mampu Beradaptasi

Seorang pemimpin yang baik harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi di mana dia berada tanpa meninggalkan jati dirinya. Hal itu dijalankan oleh Destry Damayanti dalam meniti kariernya di bidang ekonom.
Destry Damayanti. /Antara
Destry Damayanti. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Seorang pemimpin yang baik harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi di mana dia berada tanpa meninggalkan jati dirinya. Hal itu dijalankan oleh Destry Damayanti dalam meniti kariernya di bidang ekonom. 

Destry yang didaulat menjadi pembicara dalam seminar Strategi Kepemimpinan di Tengah Krisis yang diselenggarakan Sekolah Tinggi PPM menceritakan membagi pengalaman dia dalam beradabtasi dengan lingkungan kerja yang berbeda-beda.

Setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana di luar negeri atas beasiswa dari Kementerian Keuangan, Destry kemudian bergabung dengan kementerian itu selama lima tahun. Di dalam organisasi birokrasi semacam itu, mau tidak mau dia dituntut untuk menghargai struktur organisasi.

“Saya kalau mau melaporkan ke eselon II, harus melalui eselon II terlebih dahulu. Dari situ saya belajar bagaimana menghargai struktur yang ada,” ujarnya Sabtu (10/10/2015).

Selepas dari kementerian itu, Destry kemudian meniti karier sebagai ekonom di Citibank yang memiliki situasi kerja jauh berbeda di mana dia diberi keleluasaan untuk menghubungi pucuk pimpinan untuk berkoordinasi.

Tujuh tahun sesudahnya, dia kemudian bergabung dengan Bank Mandiri di mana dia membuat terobosan dengan memberikan penilaian kritis terhadap strategi yang ditetapkan oleh para direksi bank BUMN tersebut.

“Dulu, orang pantang mengatakan tidak kepada direksi tapi saya katakan saja apa adanya kalau tidak bagus ya saya bilang tidak bagus,” paparnya.

Dengan berbagai pengalaman itu, Destry meyakini seorang figur pemimpin yang baik harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tapi tetap harus memegang prinsip-prinsip utama yang menjadi pembeda dengan individu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper