Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Shell Indonesia Resmikan Program Peningkatan Mutu Lingkungan Desa Bersemi

PT Shell Indonesia meresmikan dimulainya program peningkatan mutu lingkungan pemukiman melalui pengembangan desa Bersemi (Bersih, Sehat, Mandiri) di Desa Segaramakmur dan Desa Pantai Makmur di Tarumajaya, Marunda, Bekasi, Senin (21/12/2015).
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA --  PT Shell Indonesia meresmikan dimulainya program peningkatan mutu lingkungan pemukiman melalui pengembangan desa Bersemi (Bersih, Sehat, Mandiri) di Desa Segaramakmur dan Desa Pantai Makmur di Tarumajaya, Marunda, Bekasi, Senin (21/12/2015).

Program Desa Bersemi bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan inisiatif komunitas dalam mewujudkan permukiman yang bersih, sehat, ramah lingkungan danp roduktif.

Peluncuran program tersebut ditandai dengan penandatanganan Piagam Prakarsa Bersama oleh Lubricants Supply Chain (LSC) Manager Shell Indonesia Alex Marpaung, General Manager Pengelola KawasanIndustri & Pergudangan Marunda Center Agus Susanto Mulyono dan Camat Tarumajaya, Bekasi Dwy Sigit Andrian yang diikuti penyerahan paket peralatan berkebun untuk perwakilan kader Desa Pantai Makmur dan Desa Segaramakmur.

“Program Desa Bersemi ini menjadi bukti komitmen Shell untuk mendukung setiap upaya pengembangan masyarakat di manapun kegiatan operasi kami berada, termasuk di sekitar pabrik Pelumas Shell di Marunda ini. Kami ingin program yang mendayagunakan potensi dan inisiatif komunitas seperti ini dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat.Target awal kami adalah melatih100 orang kader penggerak di dua desa yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menginisiasi dan mengembangkan Bank Sampah (BAS), Rumah Kompos, Industri Kreatif Berbasis 3R dan Taman Pangan Lestari (TPL),” ujar Lubricants Supply Chain (LSC) Manager Shell Indonesia Alex Marpaung.

Sementara itu, Camat Tarumajaya Dwy Sigit Andrian menyambut gembira dengan adanya program Bersemi yang dilakukan oleh PT Shell Indonesia bekerjasama dengan Pusdakota Universitas Surabaya dan Marunda Center di Desa Pantai Makmur dan Segaramakmur.

Program Bersemi akan menjadi contoh dari bentuk realisasi komitmen pebisnis di Bekasi untuk terlibat langsung dalam menangani masalah sampah dengan melibatkan masyarakat.

Agus Susanto Mulyono, General Manager Pengelola Kawasan Industri & Pergudangan Marunda Center, yang juga mitra pelaksanaan program ini menambahkan program tersebut diharapkan dapat menjadi program yang memberikan pengaruh positif dan bermanfaat dari aspek lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar Kawasan Industri & Pergudangan Marunda Center.

Program itu secara simultan akan memadukan pendekatan pemberdayaan (empowerment approach), pengembangan kapasitas (capacity building) dan kewirausahaan sosial (social entrepreunership). PT Shell Indonesia, yang didukung oleh mitra pelaksananya, Pusdakota akan memberikan pelatihan terhadap kade-kader masyarakat mengenai penyortiran sampah, composting (membuat pupuk kompas), melakukan cocok tanam dengan sistem urban farming dan penyelenggaraan bank sampah.  Selaini tu Shell juga akan menyediakan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk program pengolahan sampah terpadu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper