Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Sido Muncul Bantu Operasi Katarak 166 Pasien di Malang

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk, salurkan program corporate social responsibility (CSR) dengan membantu operasi katarak untuk 166 pasien dari Kota Malang, Kota Batu, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, dan Jombang.

Kabar24.com, MALANG - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. salurkan program corporate social responsibility (CSR) dengan membantu operasi katarak untuk 166 pasien dari Kota Malang, Kota Batu, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, dan Jombang.

Senior Public Relations Manager Sido Muncul Nanik R. Sunarso mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyrakat serta membantu pemerintah dalam menurunkan angka penderita katarak.

“Pelaksanaan operasi katarak kali ini, kami bekerja sama dengan RS Unisma (Universitas Islam Malang), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim, Lembaga Keseatan Nahdlatul Ulama, Asosasi Rumah Sakit NadhlatuI Ulama, dan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Malang,” ujarnya di sela-sela kegiatan operasi katarak di RS Unisma di Malang, Sabtu (27/2/2016).

Sebelum menjalani operasi, para pasien katarak harus melalui screening terlebih dulu agar dapat diketahui apakah layak atau tidak untuk dioperasi. Proses screening telah dilakukan sejak pertengahan Februari dan tersaring 166 pasien yang layak dioperasi dari ratusan pasien yang mendaftar.

Wakil Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bantuan dari Sido Muncul sangat penting artinya bagi masyarakat penderita katarak karena kebanyakan mereka tidak mampu secara ekonomi. Apalagi usia mereka kebanyakan sudah tua sehingga kurang diperhatikan keluarga maupun anggota masyarakat sekitarnya.

Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat berarap dengan adanya kerja sama bakti sosial katarak antara perusahaan tersebut dengan RSI Unisma maka diharapkan dapat mengurangi angka penderita, khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya.

“Melalui kegiatan ini pula, masyarakat diimbau untuk tidak takut dioperasi karena ada anggarapan bahwa operasi katarak menakutkan sehingga mereka enggan berobat,” ujarnya dalam pernyataan resminya.

Sejak 2011, PT Sido Muncul, Tbk memang konsisten melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi masayrakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Tahun ini, merupakan tahun ke enam penyelenggaraannya dan PT Sido Muncul terus berkomitmen mengadakan bakti sosial operasi katarak di berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Pada awal tahun, bakti sosial operasi katarak telah dilakukan di Kuningan, Jawa Barat, klinik Mata Utama Gresik, dan beberapa wilayah di Jakarta. Untuk kegian operasi katarak sepanjang 2016, bertempat di RSCM Kirana, Selasa (16/2/2016), PT Sido Muncul bersama dengan Perdami telah penandatanganan nota kesepahaman untuk bakti sosial operasi katarak bagi 12.000 mata di seluruh Indonesia.

Untuk pelaksanaannya, Sido Muncul melakukan nota kesepahaman dengan TNI AD yang berkomitmen melaksanakan operasi 3.000 mata dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebanyak 500 mata. Komitmen tersebutg merupakan bagian dari kegiatan operasi katarak atas 12.000 mata yang disepakati bersama.

Di hari yang sama pula, Sido Muncul dan Perdami bekerja sama dengan RSCM Kirana telah melakukan operasi katarak gratis ke 45.001 mata yang pelaksanaanya disaksikan Menkes Nila F. Moeloek yang juga Ketua Umum Perdami.

Kegiatan CSR operasi katarak gratis Sido Muncul bekerja sama dengan Perdami telah dilaksanakan di 27 provinsi, 207 kota/kabupaten di 227 rumah sakit di Indonesia. Mata pasien yang telah diperasi, pada 2011 sebanyak 6.000 mata, 2012 (12.746 mata), 2013 (13.024 mata), 2014 (8.805 mata), dan 2015 (4.425 mata).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper