Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rayakan HUT RI ke 71, BRI Salurkan CSR di Papua

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) dalam tajuk kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 17 Agustus 2016  |  13:20 WIB
Rayakan HUT RI ke 71, BRI Salurkan CSR di Papua
Gedung Bank Rakyat Indonesia - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) dalam tajuk kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Tahun ini, BRI bekerjasama dengan Perhutani memimpin kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Provinsi Papua dengan menggelar berbagai program yang didukung oleh 29 BUMN di Papua. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 4 hari mulai dari 17 Agustus hingga 20 Agustus 2016.

Bantuan CSR dalam tajuk kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” diserahkan oleh Direktur Utama BRI Asmawi Syam pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di kantor wilayah BRI Jayapura, Papua, dan disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo.

Bantuan yang diberikan, yaitu bedah rumah veteran, penyediaan sarana air bersih, bantuan pembinaan dan alat usaha bagi mantan atlet nasional, serta pembangunan tempat penitipan anak yang diserahkan langsung secara simbolis pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Program CSR lainnya berupa penyerahan sertifikat Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Pasar Murah BUMN, pembuatan fasilitas MCK, elektrifikasi rumah- rumah di daerah terpencil, pembinaan dan bantuan alat usaha bagi mantan narapidana, pembinaan usaha untuk desa tertinggal, serta BUMN Mengajar.

Pada kegiatan bedah rumah veteran kali ini, BRI serta perwakilan BUMN peserta kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-71 mengunjungi langsung lokasi rumah tersebut di Kecamatan Jayapura Selatan, Jayapura. Renovasi rumah akan diberikan kepada 65 veteran RI se-kota/kabupaten Jayapura dengan total bantuan lebih dari Rp2 miliar.

Selain itu, BRI melalui CSR pada kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” juga memberikan pelatihan dan peralatan modal kerja bagi mantan atlet nasional, mantan narapidana, dan masyarakat desa terpencil dengan total bantuan sebear Rp300 juta.

Sementara program CSR BUMN Mengajar, yaitu berupa pengenalan mengenai BUMN dan juga profil seputar BRI yang berlangsung sampai akhir tahun di Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Kab. Keerom, Kab. Jayawijaya, Kab. Merauke, Kab. Nabire, Kab. Kep Yapen, Kab. Biak Numfor, dan Kab. Mimika.

Kemudian, untuk pembinaan generasi muda, dukungan juga diberikan melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Program ini diikuti oleh 20 siswa/i teladan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan mengenai keanekaragaman budaya di Indonesia.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga mengatakan pada program “BUMN Hadir Untuk Negeri” ini, semua BUMN turut berpartisipasi.

“Jadi  diharapkan mampu mendukung pendidikan generasi muda Indonesia, menciptakan peluang ekonomi kerakyata, serta memberikan apresiasi terdalam untuk veteran yang berjasa bagi kemerdekaan bangsa,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (17/8/2016).

Program CSR pada rangkaian kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” ini juga berusaha mencari solusi untuk masyarakat yang masih memiliki keterbatasan sarana di Papua. Sejumlah kegiatan dilangsungkan untuk mendorong pembangunan di berbagai wilayah Provinsi Papua.

Di Kampung Walesi, Distrik Jagara, Kab. Jayawijaya, pembinaan diberikan pada petani kopi dengan penyediaan peralatan pengolah kopi organik.

Sementara untuk wilayah yang masih mengalami tantangan elektrifikasi, terdapat 100 rumah yang akan mendapatkan aliran listrik di Kabupaten Merauke dengan total bantuan sebesar Rp300 juta rupiah. Selain itu, di Merauke juga dijalankan pembangunan sebanyak 50 unit fasilitas MCK dengan total bantuan senilai Rp750 juta.

“Dengan kerjasama antar BUMN, maka program bantuan bagi masyarakat bisa dirancang dengan lebih komprehensif dengan skala yang lebih besar. Pada akhirnya, peringatan HUT RI menjadi lebih bermakna karena ada kontribusi nyata yang bisa dirasakan oleh masyarakat untuk jangka panjang,” kata Hari Siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri HUT Kemerdekaan RI HUT RI 71
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top