CIPUTRA WAY: Negara Maju karena Entrepreneurship

Dua hal utama untuk menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki motivasi atau keinginan yang luar biasa serta memiliki wawasan yang luas.
Ir.Ciputra | 19 Agustus 2016 10:08 WIB
Ir.Ciputra. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hal utama untuk menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki motivasi atau keinginan yang luar biasa serta memiliki wawasan yang luas.

Tidak ada salahnya jika siang dan malam, bahkan Anda bermimpi untuk menjadi entrepreneur.

Di usia saya yang mendekati 85 tahun ini, saya masih ingin bekerja keras. Siang dan malam saya memikirkan usaha saya, sedangkan hobi yang lain dipusatkan agar tubuh saya sehat. Pagi hari saya berenang 30 menit, sore hari saya melakukan tai chi.

Semua orang bisa jadi entrepreneur. Bangkitkan semangat Anda untuk bisa jadi entrepreneur. Bahwa Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan mau berjuang.

Sekarang ada harapan dari pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia. Bahwa negara ini butuh inovasi agar tidak ketinggalan jauh.

Tanpa entrepreneur, sebuah negara tidak akan maju. Di Amerika, penemuan di bidang IT begitu banyak. Dan jika ingin berkaca dari Korea Selatan, mereka memiliki lembaga entrepreneurship yang rutin memberikan laporan mengenai perkembangan entrepreneur di negaranya. Terbukti sebanyak 60% perdagangan di Korea Selatan berasal dari luar negeri. Dan saya ingin agar pemerintah memiliki sebuah masterplan untuk pengembangan entrepreneurship.

Penting untuk mengajarkan entrepreneurship melalui pendidikan. Namun, SDM kita masih kekurangan dosen dan praktisi yang mengerti entrepreneurship.

Indonesia butuh banyak karakter dan Anda pasti sanggup menjadi seorang entrepreneur.

 

Disarikan dari sambutan Ir. Ciputra dalam acara Start-Up Indonesia Gathering: Usulan Kebijakan Pengembangan Start-Up Indonesia

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ciputra way

Sumber : ayopreneur.com

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top