100 Pengusaha Kreatif Lolos dalam Kompetisi The Big Start Indonesia

The Big Start Indonesia, web series kompetisi pertama yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik, yang diinisiasikan oleh Blibli.com dan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), hari ini mengumumkan 100 orang finalis yang maju ke tahap kedua. Selama dua bulan kompetisi ini berjalan, The Big Start Indonesia telah menerima lebih dari 13.000 pendaftar.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Agustus 2016  |  19:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-The Big Start Indonesia, web series kompetisi yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik, yang diinisiasikan oleh Blibli.com dan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), hari ini mengumumkan 100 orang finalis yang maju ke tahap kedua.

Selama dua bulan kompetisi ini berjalan, The Big Start Indonesia telah menerima lebih dari 13.000 pendaftar. “Kami sangat senang melihat antusiasme para pengusaha kreatif dalam menyambut kompetisi ini. Kami menerima lebih dari 13.000 pengusaha kreatif yang mendaftar. Banyak sekali produk buatan mereka yang bagus, inovatif dan memiliki muatan lokal yang kuat,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com dalam siaran persnya yang diterima Bisnis.com

Dari 13.000 lebih pengusaha kreatif yang mendaftar tersebut, mayoritas produk yang didaftarkan adalah dari kategori Makanan dan Minuman, Fashion, dan Kerajinan. Tim The Big Start Indonesia telah menyeleksi dengan ketat dengan tiga kriteria utama dalam penilaian produk mereka ciptakan, antara lain:

1. Kreativitas

Produk adalah hasil karya sendiri, mempunyai kualitas tinggi, berguna secara praktis dan dapat dipasarkan.

2. Inovasi

Sejauh mana produk kreatif yang diciptakan dapat menggunakan metode yang baru, termasuk dapat diproses/ diproduksi dengan cara, teknik, bahan ataupun konsep yang baru.

3. Keunikan produk

Kemampuan produk untuk menggunakan unsur-unsur yang berbeda menjadi keseluruhan yang unik, koheren dan mempunyai nilai lebih.

The Big Start Indonesia tidak hanya diikuti oleh para pengusaha kreatif yang berdomisili di Pulau Jawa saja, tetapi juga Pulau Sumatera hingga Papua.

“Ketika tim kami menyeleksi, kami melihat ternyata pendaftar kami tidak hanya berasal dari Pulau Jawa, tetapi juga dari Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTT, Makassar, hingga Papua. Kami tidak menyangka peminat kompetisi The Big Start Indonesia meliputi hampir dari seluruh wilayah Indonesia. Kami sangat menghargai partisipasi mereka dalam kompetisi ini,” tambah Kusumo.

Selanjutnya, Seratus merek (brand) tersebut akan diseleksi kembali oleh para juri untuk menjadi 20 finalis yang akan dikarantina di Jakarta bulan September mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
blibli.com, kreatifitas

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top