Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: 6 Cara Menangkan Persaingan Bisnis

Dalam dunia bisnis yang semakin bersaing dan dinamis seperti sekarang ini, selain diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan manajamen yang baik, masih ada beberapa faktor penting lainnya seperti produk yang menarik pelanggan.
Tung Desem Waringin. / Laruno.com
Tung Desem Waringin. / Laruno.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia bisnis yang semakin bersaing dan dinamis seperti sekarang ini, selain diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan manajamen yang baik, masih ada beberapa faktor penting lainnya seperti produk yang menarik pelanggan.

Menciptakan inovasi pada bisnis atau produk dapat membuat Anda memimpin persaingan. Jika Anda tidak dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda maka bisnis Anda akan tertinggal oleh pesaing.

Berikut adalah trik jitu untuk terus bersing balam bisnis yang semakin kompetitif

1. Ciptakan Produk Berbeda

Ciptakan produk yang unik dan usahakan belum ada di pasaran. Jika demikian, produk Anda akan memiliki nilai tambah di mata konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka lebih mengenali produk Anda dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

2. Amati Pasar dan Kenali Pesaing

Saat menghadapi persaingan, sebelumnya lihatlah dahulu potensi pasar yang ada serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing, secara tidak langsung Anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen.

3. Tawarkan Harga Bersaing

Memberikan harga yang bersaing bukan berarti Anda harus menurunkan harga, misalnya dengan memberikan diskon-diskon tertentu sesuai dengan pasaran yang ada dan disesuaikan dengan produk Anda.

4. Tonjolkan Keunggulan Produk Anda

Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk Anda. Misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau layanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda akan semakin meningkat.

5. Pelajari Kelebihan dan Kelemahan Pesaing

Cari tahu dan pelajari kelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda atau berikan layanan yang tidak disediakan pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.

6. Buatlah Event Promosikan Produk

Cara ini sering digunakan para pelaku usaha karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Adapun tujuannya tak lain adalah memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan kepuasan terhadap konsumen.

Dalam bersaing dengan kompetitor haruslah memakai cara yang sportif. Tingkatkan kreatifitas dan inovasi dalam bisnis Anda serta tingkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Semoga Berhasil !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Laruno.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper