Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Bisnis, 7 Cara Menyusun Strategi Promosi Online di Media Sosial

Saat promosi berlangsung, Anda sudah memiliki gambaran terkait situasi dan efek yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.
Ilustrasi media sosial/unsplash
Ilustrasi media sosial/unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan promosi menjadi salah satu kegiatan yang dibuat secara menarik dan berkesan bagi para khalayak. Promosi dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan produk. 

Dalam kegiatan tersebut, Anda dituntut untuk aktif dan berkreasi membuat konten promosi, yang akan diupload dalam media sosial. Maraknya platform media sosial, membuat banyak orang berkreasi dalam memasarkan bisnis dan usaha yang dikembangkan. 

Melihat banyaknya target audiens dan peluang penghasilan yang lebih besar, membuat pemanfaatan media sosial banyak digunakan sebagai alat promosi terbesar bagi kalangan UMKM, industri rumahan, maupun perusahaan besar.

Fitur yang disediakan oleh media sosial Instagram, Tik Tok, Youtube, maupun lainnya cukup membantu pemilik usaha dalam mempromosikan produknya dengan baik. Namun, hal tersebut harus didukung oleh strategi promosi yang tepat, untuk menemukan daya tarik dan brand image yang baik dari masyarakat.

Dilansir dari bu.edu dan ama.org, ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait penyusunan strategi promosi.

Simak 7 tips menyusun strategi promosi online dalam media sosial:

1. Membuat perencanaan

Perencanaan dalam pembuatan promosi online, mencakup strategi yang harus dibuat secara matang dengan mempertimbangkan beberapa hal berupa:

Menentukan target audiens dengan cara melakukan riset dan penyesuaian fungsi produk yang akan dijual. Memilih jenis platform media yang akan digunakan sebagai alat promosi online.

Menentukan jenis konten yang tepat sesuai dengan target audiens maupun momen-momen tertentu terhadap penjualan produk. Mengusung konsep yang matang, sebagai identitas dari brand atau produk.

Dari perencanaan yang diusung, nantinya Anda dapat melakukan kegiatan promosi secara terarah sesuai dengan sistem dan strategi yang sudah ditentukan. Saat promosi berlangsung, Anda sudah memiliki gambaran terkait situasi dan efek yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.

2. Berani membuat konten yang unik dan berbeda dari yang lain

Kegiatan promosi dilakukan dengan tujuan memberikan kesan unik dan menarik minat dari masyarakat. Media sosial hadir sebagai jembatan yang dapat membantu seseorang dalam mengetahui suatu produk dari brand maupun individu lainnya. Anda harus berani membuat konten yang unik dan menarik dengan konsep:

Desain gambar yang menarik dengan menggunakan bahasa gaul dan hits, supaya tidak terkesan kaku.

Membuat tren terbaru dengan ide-ide kompleks, melalui video reels. Mengaktifkan fitur live untuk berinteraksi secara langsung kepada calon pelanggan.

3. Membuat analisis akun dari platform media sosial yang digunakan

Jika bisnis Anda ingin berkembang pesat dan berada pada posisi yang aman, maka hal yang harus dilakukan adalah melacak analisis pada akun. Analisis akun dibutuhkan untuk melihat rubik kegiatan aktif selama menggunakan platform media sosial tersebut.

Anda dapat melihat data secara nyata, dan membuat perubahan yang lebih besar berdasarkan hasil analisis tersebut. Semakin sering melakukan analisis dan perubahan, maka kelanjutan dari bisnis Anda jauh lebih berkembang.

4. Bersikap konsisten

Dalam menjalankan suatu bisnis, konsisten merupakan salah satu kunci keberhasilan dari segala hal. Konsisten akan memberikan pelajaran dan jalan untuk mengembangkan bisnis yang dijalani. Sebagai pengusaha maupun wirausaha, Anda harus menerapkan sikap konsisten dalam segala hal, sebagai bukti keseriusan dalam menjalankan sesuatu hingga tahap akhir.

5. Fokus pada brand awareness

Brand awareness merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran maupun kapasitas dari sebuah brand.

Maksud dari brand awareness atau kesadaran merek ini adalah, melihat jangkauan dan kinerja yang dapat dioptimalkan dalam suatu bisnis. Dalam kegiatan promosi, brand awareness mengacu pada interaksi dari pengguna media sosial atau target audiens yang telah ditentukan.

6. Membuat goals

Goals merupakan tujuan yang harus ditentukan dan dituju oleh banyak orang. Dalam pengembangan bisnis, goals harus dilakukan dengan membuat set planning dan agenda yang menunjang dari bisnis tersebut.

Tanpa adanya goals, suatu bisnis akan berjalan pasif dan tidak terarah sesuai dengan prinsip yang ditegakkan. Setiap hari bahkan bulan, pastikan bisnis yang dijalani telah mengalami perkembangan dalam jumlah yang signifikan.

7. Melakukan evaluasi

Evaluasi merupakan agenda yang wajib dilakukan untuk melihat segala aspek dari kemunduran dan kemajuan dari suatu bisnis. Kegiatan evaluasi harus diterapkan oleh setiap perusahaan maupun perintis bisnis lainnya, untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam waktu jangka panjang. 

Dalam kegiatan promosi online, evaluasi dapat dilakukan dengan cara melihat kemajuan dari penjualan produk, pengembalian, efektivitas konten yang dihasilkan, serta event-event promosi lainnya yang berpengaruh langsung terhadap kemajuan bisnis. Evaluasi harus bersifat terbuka dan transparan atas rincian data dan kinerja yang sudah dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper