3 Strategi Hemat Uang saat Mencari Pekerjaan

Sadar atau tidak, mencari suatu pekerjaan adalah sebuah investasi tersendiri. Sebagai seorang pelamar, Anda perlu menyediakan waktu, uang, dan usaha dengan harapan menemukan pekerjaan yang diincar.
Wike Dita Herlinda | 16 Mei 2017 17:16 WIB
Ilustrasi Pencari kerja melintas di dekat stan sebuah perusahaan pada bursa kerja - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Sadar atau tidak, mencari suatu pekerjaan adalah sebuah investasi tersendiri. Sebagai seorang pelamar, Anda perlu menyediakan waktu, uang, dan usaha dengan harapan menemukan pekerjaan yang diincar.

Bagaimanapun, Anda harus menghindari sikap berfoya-foya atau berlebihan menghamburkan uang saat mencari pekerjaan. Untuk itu, Anda perlu memaksimalkan keuangan Anda dengan membuat keputusan cermat selama proses mencari pekerjaan.

“Membuat keputusan cermat tidak selalu berarti memotong anggaran dan mengurangi pengeluaran. Ini semua adalah tentang memastikan sebagian uang yang Anda keluarkan selama mencari kerja tepat sasaran,” jelas Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin.

Untuk menghemat biaya dalam mencari pekerjaan, ada beberapa tips yang disarankan:

Pertama, melakukan penelitian dan perencanaan. Sekitar 99%  artikel seputar mencari pekerjaan pasti akan menyarankan untuk melakukan perencanaan dan penelitian. Namun, banyak pelamar yang masih gagal melakukannya.

“Jika Anda tidak ingin mengacaukan tabungan Anda selama mencari pekerjaan, cermatilah beberapa cara tertentu untuk memaksimalkan dana Anda dan merencanakan pencarian kerja setelahnya,” kata Satya.

Salah satu contoh penelitian penting yang dapat menghemat uang selama melamar kerja adalah mengetahui lokasi kantor dan rute terbaik untuk sampai ke tempat tersebut tanpa harus memanggil taksi.

“Hal ini akan lebih berguna jika Anda bepergian ke bagian pinggiran kota atau daerah lain yang tidak begitu familiar bagi Anda. Daripada menghabiskan uang untuk naik taksi yang mahal, lebih baik meneliti rute yang paling mudah dan nyaman via kereta atau bus.”

Selain itu, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menjadwalkan beberapa wawancara dalam hari yang sama. Jika Anda melamar ke banyak perusahaan dan perusahaan tersebut akan memanggil Anda untuk wawancara pada pekan yang sama, maka jadwalkanlah wawancara tersebut pada hari yang sama, terutama jika lokasi wawancara saling berdekatan.

Kedua, menghabiskan waktu secara bijaksana. Waktu dapat menjadi teman baik atau musuh besar bagi seorang pencari kerja. Jika And atahu cara mengalokasikan waktu dengan tepat, Anda dapat mengurangi pengeluaran dan mendapatkan lebih banyak lagi selama proses mencari kerja.

Jadilah pencari kerja yang tekun. Ingat, semakin lama Anda menganggur, semakin banyak pengeluaran Anda. Memperluas pencarian kerja Anda selama beberapa bulan dibandingkan dengan beberapa hari atau pekan dapat berpengaruh terhadap tabungan Anda; tentu saja jika Anda punya tabungan.

“Jangan menjadi seorang pelamar yang pasif. Jangan mencari pekerjaan jika Anda hanya merasa ingin saja atau saat Anda mempunyai waktu senggang saja. Mencari pekerjaan merupakan kegiatan penuh waktu ketika Anda masih menganggur.”

Namun, bukan berarti Anda harus mengirimkan ratusan lamaran pekerjaan setiap harinya. Memaksimalkan waktu Anda ketika berburu pekerjaan bisa berarti bahwa Anda menggunakan waktu untuk memastikan kualitas yang terdapat dalam surat lamaran tersampaikan pada para pemimpin perusahaan.

“Ingat, saat Anda menggunakan waktu secara bijak, pada akhirnya Anda akan menghabiskan lebih sedikit pengeluaran,” papar Satya.

Ketiga, izinkan sebanyak mungkin orang untuk membantu Anda. Meminta bantuan selama proses mencari pekerjaan bukanlah hal yang aneh. Bekerja dengan anggaran yang terbatas saat mencari pekerjaan akan memberikan Anda lebih banyak alasan untuk benar-benar mencari bantuan ketika membutuhkannya.

 

“Masalahnya adalah, bantuan yang berharga tidak selalu dalam bentuk isyarat yang besar. Bantuan seringkali berupa hal-hal kecil dan remeh yang akan menghemat ribuan rupiah dan yang paling utama berkontribusi akan kesuksesan Anda dalam mencari pekerjaan.”

Misalnya, jika Anda membutuhkan tumpangan untuk lokasi wawancara tertentu, mungkin And abisa meminta bantuan pada seseorang. Jika Anda membutuhkan grafis pada resmue, mungkin Anda bisa meminta bantuan dari kenalan desainer grafis.

Butuh baju setelan untuk wawancara? Besar kemungkinannya Anda tahu seseorang yang bisa meminjamkannya untuk Anda. Daripada harus mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, Anda bisa meminta seseorang untuk membantu Anda sementara waktu.

Bersikaplah sopan dan pengertian dalam cara Anda meminta bantuan. Saat Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, selalu ingat untuk membalas budi. Selalu ada pelamar kerja di luar sana yang membutuhkan bantuan Anda.

Jadi, jangan buang-buang uang yang Anda dapatkan dengan kerja keras dengan menghambur-hamburkannya saat mencari kerja. “Ingatlah tips ini dan terapkan dalam pencarian kerja Anda untuk membantu Anda menghemat uang secara maksimal sembari meningkatkan kesempatan Anda memperoleh pekerjaan,” ujar Satya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekerjaan

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top