Mochtar Riady: Bangunlah Kota, Bukan Rumah

Pengusaha Mochtar Riady memiliki kiat agar kebutuhan perumaham masyarakat Indonesia terpenuhi dan kualitas hidup dapat terus dipelihara. Dia menyarankan agar para developer membangun kota, bukan membangun rumah.
Hery Trianto | 07 Juli 2017 10:09 WIB
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady - Bisnis.com/Hery Trianto

Bisnis.com, JAKARTA -Pengusaha Mochtar Riady memiliki kiat agar kebutuhan perumaham masyarakat Indonesia terpenuhi dan kualitas hidup dapat terus dipelihara. Dia menyarankan agar para developer membangun kota, bukan membangun rumah.

Membangun kota, bagi Pendiri Grup Lippo yang sukses mengembangkan Lippo Karawaci dan Lippo Cikarang ini, berarti membangun peradaban. Dia menilai membangun perumahan tanpa memikirkan fasilitas pendukungnya tidaklah tepat.

Selain itu, khusus di pulau Jawa, dimana lahan semakin langka, membangun rumah sebaiknya vertikal. "Menurut saya, pembangunan perumahan tidak bisa lagi secata horisontal, tetapi vertikal," tutur Mochtar, saat Halalbihalal, Lippo Group, Kamis (06/07).

Dia lalu mengambil contoh proyek yang dikembangkannya, Lippo Kawaraci Tangerang, sebagai sebuah bentuk pengembangan kota. Untuk contoh kota vertikal, Lippo telah merintis pendirian Meikarta, di Cikarang, sebuah kawasan hunian dengan ratusan tower apartemen dan menelan investasi Rp270 triliun.

Lippo Group, berdasarkan Wikipedia memiliki lebih dari 50 anak perusahaan. Karyawannya diperkirakan lebih dari 50 ribu orang. Aktivitas grup ini, selain di Indonesia, juga merambah di kawasan Asia Pasifik, terutama di Hong Kong, Guang Zhou, Fujian dan Shanghai. Saat ini Grup Lippo paling tidak memiliki 5 area bisnis utama.

Pertama, jasa keuangan yang meliputi perbankan, investasi, asuransi, sekuritas, manajemen aset dan reksadana. Jasa keuangan ini adalah core bisnis Lippo.

Kedua, properti dan urban development. Bisnis yang meliputi pembangunan kota satelit terpadu, perumahan, kondominium, pusat hiburan dan perbelanjaan, perkantoran dan kawasan industri. Lippo tidak hanya membangun perumahan, tetapi suatu kota yang lengkap dengan berbagai infrastruktur. Di tiga kota yang telah dibangun, yaitu Lippo Cikarang, Bekasi di timur Jakarta, Bukit Sentul, Bogor di selatan Jakarta, dan Lippo Karawaci, Tangerang di barat Jakarta, para penghuni bisa mengakses TV Cable sekaligus fasilitas internet.

Ketiga, pembangunan infrastruktur seperti pembangkit tenaga listrik, produksi gas, distribusi, pembangunan jalan raya, pembangunan sarana air bersih, dan prasarana komunikasi. Aktivitas bisnisnya, antara lain, pembangunan jalan tol di Guang Zhou, pembangunan kota baru Tati City di Provinci Fujian, Gedung Perkantoran Plaza Lippo di Shanghai dan membangun kawasan perumahan elit dan perkantoran di Hong Kong.

Keempat, bidang industri yang meliputi industri komponen elektronik, komponen otomotif, industri semen, porselen, batu bara dan gas bumi. Lippo Industries, memproduksi komponen elektonik seperti kulkas dan AC merk Mitsubishi, serta komponen otomotif memproduksi kabel persneling.

Kelima, bidang jasa-jasa yang meliputi teknologi informasi, bisnis ritel, rekreasi, hiburan, hotel, rumah sakit, dan pendidikan.  Selain Rumah Sakit, ia juga mendirikan Sekolah Pelita Harapan.

Tag : mochtar riady
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top