TIPS Lolos Wawancara Kerja: Ingin Raih Pekerjaan Impian? Pastikan Anda Katakan Ini

Setiap pelamar pekerjaan kira-kira tahu bagaimana memberi kesan baik di awal wawancara kerja. Datang tepat waktu, menyunggingkan senyuman manis, dan jabat tangan yang kuat.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 11 Oktober 2017  |  15:35 WIB
TIPS Lolos Wawancara Kerja: Ingin Raih Pekerjaan Impian? Pastikan Anda Katakan Ini
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap pelamar pekerjaan kurang lebih tahu bagaimana memberi kesan yang baik di awal wawancara kerja. Datang tepat waktu, menyunggingkan senyum manis, dan jabat tangan yang kuat.

Tapi perlu juga diketahui bagaimana mengakhiri sebuah wawancara kerja dengan cara yang bisa membuat Anda menonjol di tengah ketatnya persaingan.

Menit-menit terakhir dari wawancara kerja dapat memberi atau menghancurkan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang Anda incar.

Ada satu hal yang bisa Anda katakan untuk memastikan bahwa Anda memberi kesan kuat dalam hal positif.

Setelah Anda selesai ‘menjual’ kemampuan diri dan pihak HRD mengakhiri wawancara, jangan buru-buru mengucapkan "terima kasih" dan kemudian pergi.

Sebelum Anda keluar dari pintu ruangan, pastikan untuk mengatakan "Saya sangat menginginkan pekerjaan ini."

Mungkin terdengar aneh dan Anda bisa saja khawatir telah bersikap jujur. Tapi menurut pakar manajemen Suzy Welch, sikap Anda tersebut sebanding dengan hasil yang akan diperoleh.

Tak hanya itu, sikap itu juga menunjukkan tiga karakter berikut yang dicari oleh para pemberi kerja:

1. Kesungguhan

“Kalimat ‘Saya sangat menginginkan pekerjaan ini’ menunjukkan tingkat kesungguhan,” jelas Welch, seperti dikutip dari laman CNBC, Rabu (11/10/2017). Sikap ini menunjukkan karakter Anda yang sesungguhnya, suatu kualitas yang jarang ditemukan di dunia.

2. Keberanian

Pernyataan tegas bahwa Anda menginginkan sebuah pekerjaan juga membutuhkan pencitraan pada kekuatan pribadi Anda. “Orang yang mendengarnya tahu bahwa sulit untuk mengatakan hal itu. Mereka tahu kalimat itu membutuhkan keberanian, dan mereka akan mengingatnya,” ungkap Welch.

3. Kerendahan hati

Mengakui betapa Anda menginginkan pekerjaan tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak sombong atau terlalu percaya diri. “Inilah saat untuk mengakui 'Anda (pemberi kerja) adalah pembeli dan saya adalah penjualnya.’” kata Welch.

Anda memahami dengan benar bahwa merekalah yang membuat keputusan dan itu menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa hormat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wawancara, pekerjaan

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top