Tips Menjadi Karyawan Menyenangkan di Kantor Baru

Anda mungkin telah bekerja untuk beberapa perusahaan dan mengumpulkan pengalaman luas di industri tertentu. Namun, hari pertama (dan pekan pertama) di sebuah pekerjaan baru sering kali cenderung mengganggu. Sementara Anda melakukan yang terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik dan meluluhkan suasana, bos baru dan anggota tim Anda secara diam-diam menilai Anda dan mencoba memutuskan apakah mereka menyukai Anda.
Wike Dita Herlinda | 15 November 2017 15:51 WIB
Ilustrasi - Vccsystem

Bisnis.com, JAKARTA — Anda mungkin telah bekerja untuk beberapa perusahaan dan mengumpulkan pengalaman luas di industri tertentu. Namun, hari pertama (dan pekan pertama) di sebuah pekerjaan baru sering kali cenderung mengganggu.

Sementara Anda melakukan yang terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik dan meluluhkan suasana, bos baru dan anggota tim Anda secara diam-diam menilai Anda dan mencoba memutuskan apakah mereka menyukai Anda.

Jadi bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan teman kerja baru untuk menyambut Anda? Inilah 10 hal yang mungkin tampak jelas, tetapi sering diremehkan dan diabaikan:

Hal yang dilakukan:

1. Tepat Waktu

Anda mungkin menganggap ini adalah peraturan pertama yang harus dilakukan pada pekerjaan baru Anda, tetapi Anda akan terkejut dengan jumlah orang yang berpikir tidak masalah jika terlambat 10 atau 15 menit, bahkan selama seminggu pertama.

“Jadi jangan mengambil risiko, pastikan Anda datang tepat waktu setiap hari, setidaknya untuk 6 bulan pertama,” ujar Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin dalam siaran persnya, Rabu (15/11/2017).

2. Tetap Berpikiran Terbuka

Menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan kerja baru akan memakan beberapa waktu, tapi ingatlah untuk tetap berpikiran terbuka. Jadilah fleksibel, dan raihlah kesempatan ini untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

3. Amati dan Ajukan Pertanyaan

Dengarkan, amati atasan dan anggota tim Anda yang baru, dan ajukan pertanyaan. Jangan hanya duduk dan menunggu instruksi.

“Ambillah inisiatif untuk melangkah dan selami pekerjaan baru Anda, atau sukarela untuk membantu jika Anda melihat anggota tim Anda melakukan terlalu banyak pekerjaan,” papar Satya.

4. Kenali Anggota Tim Anda

Mengobrollah dengan teman-teman baru Anda. Temukan kesamaan yang bisa Anda lakukan bersama-- menyukai olahraga, film, hewan peliharaan, anak-anak, makanan. Begitu Anda menemukan satu minat yang sama, akan lebih mudah untuk menemukan yang lainnya.

5. Jadilah Pengaruh Positif

Tetapkan contoh yang baik dengan menjadi pengaruh positif pada tim. Ini hal biasa bagi beberapa orang yang telah bekerja di tempat kerja yang sama selama bertahun-tahun untuk merasa kecewa atau bahkan tidak semangat.

“Ingatkan mereka untuk berfokus pada pemikiran dan tindakan yang membangun daripada terus berkubang dalam hal negatif,” kata Satya.

Hal yang tidak boleh dilakukan:

1. Jadi Orang yang ‘Sok Tahu’

Tidak ada yang suka dengan orang sok tahu, apalagi kalau orang itu adalah orang baru. Hal itu mengganggu, dan salah satu penyebab rekan kerja Anda kesal. Jangan berusaha terlalu keras karena Anda akan terlihat putus asa, dan itu merugikan Anda.

“Santai saja dan lakukan sesuatu dengan tenang,” tegasnya.

2. Membahas Mantan Atasan

Membicarakan mantan atasan Anda adalah hal yang sangat tidak perlu. Itu menunjukkan ketidakprofesionalitasan Anda, dan tentu Anda tidak ingin memulai minggu pertama dengan catatan negatif tersebut.

3. Ikut Campur dengan Politik Kantor

Hindari politik kantor setidaknya untuk 6 bulan pertama, dan seterusnya cobalah untuk menghidarinya jika memungkinkan. Politik hanyalah penggunaan waktu yang tidak produktif. Lebih baik fokus pada pekerjaan Anda dan pada hal-hal yang penting.

4. Menjadi Kaku

Meskipun Anda tidak ingin membuat kesal tim kerja selama minggu pertama pada pekerjaan baru Anda, Anda juga tidak ingin dianggap sebagai kaku. Ada perbedaan antara bersikap baik dan bersikap terlalu penurut.

“Anda bisa bersikap tegas tanpa bersikap kasar, sama seperti Anda bisa bersikap ramah tanpa harus dilangkahi. Membuat perbedaan ini Anda akan dihargai oleh atasan dan teman kerja Anda,” kata Satya.

5. Terlalu Menuntut

Bersikaplah secukupnya saja, seperti yang mereka katakan. Di satu sisi, Anda terkadang memiliki karyawan baru yang melangkah dan mulai menuntut iPhone atau MacBook terbaru, atau tunjangan tambahan seperti 'bekerja dari rumah', dan sebagainya. Sebaiknya Anda membuktikan nilai Anda terlebih dahulu sebelum meminta imbalan tambahan.

Tag : pegawai, karier
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top