Park Jin Young, Pendiri JYP Entertainment yang Bergelar Sarjana Geologi

Pernah mendengar lagu Nobody yang dibawakan Wonder Girls? Siapa sangka kalau sosok di balik kesuksesan lagu itu adalah seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan musik?
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 20 April 2018 13:28 WIB
Park Jin Young. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pernah mendengar lagu Nobody yang dibawakan Wonder Girls? Siapa sangka kalau sosok di balik kesuksesan lagu itu adalah seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan musik?

Wonder Girls adalah grup idola besutan JYP Entertainment, yang juga menjadi agensi banyak penyanyi, grup idola, dan artis ternama lainnya di Korea Selatan (Korsel). Sebut saja 2 PM, Suzy, GOT7, dan Twice.

Wonder Girls.

JYP Entertainment didirikan oleh JYP, yang bernama asli Park Jin Young. Dia adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman.

JYP lahir di Seoul, Korsel pada 13 Desember 1971. Kepandaiannya membuat musik membuat orang-orang tidak menyangka jika dia bergelar Sarjana Geologi dari Universitas Yonsei.

Perjalanan Karir Musik Park Jin Young

Karir musik Park Jin Young dimulai pada 1992. Ketika itu, dia memulai debutnya dengan sebuah grup yang bernama Park Jin-Young and the New Generation.

Sayangnya, nasib grup ini tidak sesuai dengan harapan dan pada akhirnya bubar. Park akhirnya memutuskan untuk bernyanyi solo.

Pada 1994, dia membawakan lagu Do Not Leave Me dari album Blue City. Keputusan itu ternyata tepat dan Park pun mulai dikenal. 

Park Jin Young.

Sekarang, dia sudah merilis banyak album. Dalam periode 1994-2007, setidaknya ada tujuh album yang dirilis dan banyak single yang menjadi hit seperti She Was Pretty, Honey, Swing Baby, dan Kiss.

Meski sekarang lebih banyak meluncurkan single atau mini album, tapi kepopuleran Park tidak mereda dan tetap produktif. 

Bahkan, single berjudul Someone Else yang dirilisnya pada 2009 berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi dan lagu You're the One yang diluncurkan pada 2012 terjual lebih dari 1,5 juta kopi.

Pada Mei 2008, dia berkolaborasi dengan Jackie Chan membuat proyek I Love Asia sebagai respons atas tragedi gempa bumi di China. Dana yang diperoleh dari lagu Smile Again yang diproduksi bersama Chan dan sutradara Korsel Kang Je Gyu disalurkan sebagai bentuk bantuan bagi warga Sichuan.

Pada Desember 2009, Park menjadi penulis lagu Korsel pertama bersama dengan RAINSTONE yang masuk dalam daftar Billboard Hot 100 Chart dari lagu Nobody yang dinyanyikan Wonder Girls.

Pada 2016, dia sempat muncul dalam talkshow yang dipandu Conan O'Brien setelah merilis single berjudul Still Alive. Park juga sempat merekam lagu berjudul Fire dengan O'Brien, Steven Yeun, dan Park Ji Min. Lagu tersebut akhirnya dirilis di kanal Youtube O'Brien. 

Park Jin Young dan Conan O'Brien dalam video Fire.

Membangun JYP Entertainment

Park membangun agensinya pada 1997, dengan nama awal “Tae-Hong Planning Corporation” yang pada akhirnya berganti nama menjadi JYP Entertainment pada 2001.

Tak puas hanya berkembang di Korsel, JYP membuka cabang di New York, AS pada Juni 2007 dan mendirikan cabang lain di Beijing pada Oktober 2008.

Perjalanan perusahaan rintisannya ini juga terbilang mulus, artis-artis besutannya mudah mendapatkan popularitas, sehingga membuat agensi tersebut menjadi salah satu yang terbesar di Negeri Ginseng, bersaing dengan S.M. Entertainment milik Lee Soo Man dan YG Entertainment milik Yang Hyun Suk.

Tetapi, perjalanan bisnis pasti bakal tetap menghadapi tantangan dan masalah. Pada November 2011, Park mendirikan anak usaha di AS yaitu JYP Creative.

Gedung lama JYP Entertainment.

Dia dilaporkan menginvestasikan dana sekitar US$1,2 juta untuk ekspansi ini. Namun, setelah setahun beroperasi, perusahaan justru mengalami kerugian sekitar US$1,5 juta  dan memaksa cabang tersebut untuk dilikuidasi. Tidak hanya, operasional cabang JYP di New York pun ikut ditutup.

Meski demikian, Park tidak menyerah. Tahun lalu, perusahannya bahkan membeli properti senilai 20,2 miliar won atau sekitar Rp261,7 miliar untuk digunakan sebagai kantor yang baru. 

Pada 27 Januari 2018, bursa KOSDAQ Korsel mencatat JYP sebagai perusahaan hiburan terbesar kedua di negara itu dengan total kapitalisasi pasar sebesar 560,9 miliar won atau sekitar Rp7,2 triliun, melampaui YG Entertainment yang nilainya 533,8 miliar won atau setara dengan Rp6,9 triliun.

Ini menjadi prestasi tersendiri bagi JYP karena berhasil mengalahkan YG Entertainment untuk pertama kalinya. 

Pada 31 Januari 2018, JYP bersama S.M. Entertainment, Big Hit Entertainment, dan SK Telecom menjalin kerja sama pengembangan bisnis distribusi musik Business-to-Business (B2B) dan bisnis platform layanan musik Business-to-Consumer (B2C).

Kontroversi yang Pernah Dihadapi JYP

Kendati diakui sebagai penulis lagu yang hebat, tapi Park juga tidak lepas dari kontroversi. Pada 10 Februari 2011, penulis lagu Kim Sin Il menggugatnya karena menilai lagu Someday yang dinyanyikan oleh IU dan dibuat oleh Park, merupakan hasil jiplakan lagunya yang berjudul To My Man.

Kim menuding bagian awal Someday hampir identik dengan lagu miliknya dan menggugat Park dengan nilai 110 juta won, sekitar Rp1,42 miliar. Tuduhan itu dibantah Park dan kedua pihak pun tidak mencapai kesepakatan meski sudah beberapa kali diperiksa pengadilan.

Park Jin Young dan GOT7.

Setahun kemudian, Pengadilan Distrik Pusat Seoul memutuskan bahwa Someday memang dijiplak dari lagu Kim dan memerintahkan Park untuk membayar 21,67 juta won, setara dengan Rp280,75 juta, kepada Kim. 

Park mengajukan banding atas putusan itu, tapi Pengadilan Tinggi Seoul ternyata memperkuat putusan sebelumnya. Dia pun diperintahkan untuk membayar 56,93 juta won, sekitar Rp737,57 juta, kepada Kim.

Park meneruskan perkara ini ke Mahkamah Agung (MA) Korsel. Pada 2015, MA membatalkan putusan sebelumnya karena menemukan bukti baru yang menunjukkan bahwa melodi dan progresi akord sangat umum, mengutip dari lagu AS pada 2002.

Kehidupan Pribadi JYP

Pada awal 2011, Park terjun ke dunia akting dan debut dalam drama berjudul Dream High. Tak disangka, dia berhasil masuk nominasi untuk kategori New Actor of the Year di Baeksang Arts Awards, salah satu penghargaan seni tertinggi Korsel.

Park melanjutkan karir aktingnya dengan memerankan peran yang sama di Dream High 2 pada 2012. 

Tak hanya itu, dia ikut serta membintangi film Five Million Dollar Man bersama Jo Sung Ha dan Min Hyo Rin. Film ini dirilis pada 19 Juli 2012.

Park Jin Young dan Twice.

Pada 1999, Park menikahi Seo Yoon-jeong. Namun, setelah berumah tangga selama 10 tahun, pasangan itu mengumumkan perceraian mereka pada Maret 2009.

Pada 10 Oktober 2013, dia kembali menikah dengan seorang wanita yang namanya tidak disebutkan dan berusia 9 tahun lebih muda darinya.

Park juga dikenal sangat menjaga kesehatan dan bentuk tubuhnya. Untuk itu, dia mengubah pola makannya dengan hanya mengonsumsi makanan dari produk organik.

Tidak hanya itu, dia juga membuat kafetaria makanan organik di gedung baru JYP Entertainment yang berlokasi dekat dengan Olympic Park.

Tag : k-pop
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top