Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nestle Indonesia Raih Indonesia's Most Powerful Corporate Social Initiatives 2018

PT Nestle Indonesia menyabet penghargaan Indonesia's Most Powerful Corporate Social Initiatives 2018 dari Majalah MIX MarComm, SWA Media Group.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 30 Agustus 2018  |  18:43 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nestle Indonesia menyabet penghargaan Indonesia's Most Powerful Corporate Social Initiatives 2018 dari Majalah MIX MarComm, SWA Media Group.

Untuk ketiga kalinya Majalah MIX MarComm menyelenggarakan penghargaan bagi program sosial perusahaan atau program corporate social responsibility (CSR).

Indonesia's Best Corporate Social Initiatives merupakan program awarding CSR pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terintegrasi dengan program marketing yang berorientasi sosial.

"Pada kontes ini kami mengundang perusahaan di Indonesia untuk mengirimkan report program CSR yang pernah dilakukan untuk kemudian dievaluasi oleh dewan juri yang berasal dari kalangan praktisi CSR, ahli social marketing, dan media," ujar Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX, Kamis (30/8).

Menurutnya, belum banyak program corporate social responsibility atau CSR di Indonesia yang membawa dampak signifikan bagi penerima manfaat.

Padahal, powerful CSR bisa menjamin keberlanjutan program itu sendiri, sekaligus bisa memperluas penerima manfaatnya. Pertanyaannya, inisiatif sosial perusahaan seperti apa yang bisa mengakomodasi kedua tujuan tersebut.

Menurut Lis, selain award Best Corporate Social Initiatives yang diberikan kepada sejumlah perusahaan terbaik, penghargaan khusus Indonesia's Most Powerful Corporate Social Initiatives 2018 bagi inisiatif sosial yang dinilai paling powerful bagi penerima benefit ataupun bagi keberlanjutan bisnis perusahaan.

"Penghargaan paling prestisius ini hanya diberikan kepada satu pemenang, yaitu Nestle Indonesia."

Ada beberapa konsep yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Salah satunya, konsep creating shared value (CSV) yang diperkenalkan oleh Porter & Kramer (2011).

Konsep created shared value atau menciptakan manfaat bersama yang digunakan oleh Nestlé Indonesia dalam berbagai inisiatif sosial antara lain dalam program Integrated Rural Development.

Dalam konsep CSV, kehadiran produk atau jasa beserta misi dan sistem bisnis yang diaplikasikan perusahaan harus mengandung kebaikan bagi masyarakat sekitarnya.

"Jadi perusahaan bukan hanya memastikan kemanfaatan produk yang dihasilkannya, melainkan juga menciptakan respect dari para pemangku kepentingannya terhadap sistem bisnisnya," kata Lis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top