Sultan HB X Terima Penghargaan Tokoh Peduli Museum

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menerima penghargaan Purwakalagrha sebagai Tokoh Peduli Museum 2018 atas perannya dalam menetapkan museum sebagai salah satu pilar pembelajaran.
Newswire | 14 Oktober 2018 17:45 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menerima penghargaan Purwakalagrha sebagai Tokoh Peduli Museum 2018 di Perpustakaan Nasional Jakarta, Minggu (14/10/2018). (ANTARA - Fransiska Ninditya)

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menerima penghargaan Purwakalagrha sebagai Tokoh Peduli Museum 2018 atas perannya dalam menetapkan museum sebagai salah satu pilar pembelajaran.

"Penghargaan ini justru merupakan tantangan dimana saya harus bisa membuktikan konsistensi saya di dalam upaya untuk memberikan kontribusi kepada anak bangsa, khususnya generasi muda," kata Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya dalam acara Indonesia Museum Awards di Perpustakaan Nasional Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Museum merupakan salah satu cermin sistem pendidikan di luar sekolah yang dapat memberikan nilai untuk bisa membentuk karakter dan kualitas anak bangsa, kata Sri Sultan. Oleh karena itu, sebagai Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan menetapkan museum sebagai salah satu sumber belajar, bersama dengan sekolah dan perpustakaan. Ketiganya kemudian disebut sebagai Tiga Pilar Pembelajaran di Provinsi DI Yogyakarta.

Sri Sultan berharap seluruh museum di Yogyakarta dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanannya kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

"Harapan saya, para manajer museum punya kemauan untuk berdialog dengan anak-anak pelajar di museum; untuk bisa berdialog, memberikan penjelasan, arti, makna dan martabat daripada isi yang ada di museum," ujarnya.

Sumber : Antara

Tag : sri sultan hamengkubuwono
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top