Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garap Potensi Digital Ekonomi Kreatif, Kalla Group Luncurkan Saoraja Hub

Kalla Group (KG) meluncurkan Saoraja Hub, wadah untuk menciptakan ekosistem kekayaan intelektual dan mengoptimalkan potensi digital ekonomi kreatif bagi para start-up di Indonesia Timur.
CEO Kalla Group Solihin Kalla. JIBI/BISNIS-Siti Munawaroh
CEO Kalla Group Solihin Kalla. JIBI/BISNIS-Siti Munawaroh

Bisnis com, MAKASSAR - Kalla Group (KG) meluncurkan Saoraja Hub, wadah untuk menciptakan ekosistem kekayaan intelektual dan mengoptimalkan potensi digital ekonomi kreatif bagi para start-up di Indonesia Timur.

CEO Kalla Group Solihin Kalla mengatakan Saoraja Hub berfungsi untuk menampung ide-ide kreatif anak-anak muda yang berorientasi bisnis rintisan, terutama di wilayah Indonesia Timur.

Untuk mewujudkan Saoraja Hub ini, Kalla Group didukung oleh WIR Group dalam membuat sebuah ekosistem yang mendukung potensi digital yang saat ini digarap oleh anak-anak muda berprestasi.

"Ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong pengembangan ekonomi kreatif," ujar Solihin dalam peluncuran Saoraja Hub di Makassar, Sabtu (10/11/2018).

Daniel Surya, CEO dan Co-Founder WIR Group mengungkapkan kekayaan intelektual Indonesia sangat banyak dan memiliki potensi komersial yang tinggi di pasar domestik dan internasional.

Saoraja Hub, kata Daniel, dibentuk bukan hanya untuk mencari dan mengembangkan karya intelektual dari Indonesia.

"Namun, juga untuk mendaftarkannya di tingkat nasional serta internasional sehingga dapat memberikan hasil komersil bagi para inovator dan kreator," jelas Daniel.

Saat ini, sedikitnya terdapat tiga sub-sektor utama yang menopang ekonomi kreatif di Indonesia yakni kuliner, fashion dan kriya. Subsektor ekonomi kreatif lain yang pertumbuhannya juga bagus,a.l : film animasi dan video, desain komunikasi visual, serta aplikasi dan pengembangan game.

"Kini pertumbuhan sektor ekonomi kreatif semakin masif. Karena itu tak bisa dipandang sebelah mata potensi yang ada di Indonesia, khususnya di bagian timur. Kita punya semua, keberagaman,” ujar Solihin.

Saoraja Hub akan berfokus pada pengembangan Intellectual Property (IP) dan para startup di Indonesia, khususnya di Wilayah Timur.

"Kenapa di Indonesia Timur? Karena hingga saat ini belum memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan inovasi kreatif tersebut," tambah Solihin.

Dia menambahkan bahwa Saoraja Hub adalah rumah bagi para inovator, pencipta, dan designer dalam pembuatan konsep dan ide sebelum filing atau pendaftaran IP. Lalu, sebagai media penghubung jaringan ke calon investor dan pembeli atau pengguna IP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper