Para E-Commerce, Perhatikan Hal Ini Jelang Diskon Akhri Tahun

Diskon besar-besaran platfom dagang elektronik atau retailer online selalu menjadi incaran pelanggan saat akhir tahun
Rayful Mudassir | 20 November 2018 12:32 WIB
Ecommerce - alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA – Diskon besar-besaran platfom dagang elektronik atau retailer online selalu menjadi incaran pelanggan saat akhir tahun. Selain ditunggu masyarakat, agenda ini juga harus dipersiapkan retailer dengan baik untuk memaksimalkan omzet.

Beberapa diskon akhir tahun yang akan dilakukan oleh sejumlah e-commerce seperti Black Friday yang digelar 23 November, Cyber Monday pada 26 November serta Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung 12 Desember 2018. Tentu para peritel daring ini perlu mempersiapkan sesuatu untuk menyambut momen belanja itu.

Olivia Adinda Putri, PR & Comunications Manager Copunation, portal online yang menawarkan kode diskon untuk situs-situs belanja online di Tanah Air, memberikan beberapa tips bagi peritel online agar even ini berjalan tanpa kendala.

1. Mengoptimalkan performa database dan bandwidth

Para e-commerce perlu mengoptimalkan performa website yang dimiliki. Menurut Olivia akan sangat disayangkan jika website retailer tiba-tiba offline dikarenakan jumlah visitor membludak pada saat event spesial itu berlangsung.

Hal ini akan berdampak buruk pada citra platfom tersebut hingga membuat retailer kehilangan peluang dalam meningkatkan penjualan. Oleh karena itu memilih database yang lebih besar dan meningkatkan bandwith pada periode event-event seperti Black Friday, Cyber Monday dan Harbolnas.

Langkah ini diyakiniakan mampu memberikan kenyamanan bagi calon pembeli dalam mengakses website retailer. “Disamping itu untuk meningkatkan kenyamanan pembeli dalam mengakses website, anda juga dapat menggunakan CDN [Content Delivery Network] untuk meningkatkan kecepatan pada website,” katanya kepada Bisnis, Selasa (20/11/2018).

2. Menginformasikan tentang event diskon kepada konsumen

Tidak hanya mempersiapkan portal, peritel perlu menginformasikan diskon kepada pelanggan termasuk melalui sosial media. Membuat laman campaign atau spesifik landing page menjadi bagian penting menyambut datangnya event diskon. Langkah ini merupakan suatu nilai tambah yang bernilai bagi para pemburu diskon.

“Semua toko memiliki penawaran namun jika konsumen merasa tidak jelas dengan apa yang anda tawarkan, maka akan sangat besar kemungkinan mereka akan segera meninggalkan laman Anda dan pergi ke retailer selanjutnya,” ujarnya. E-commerce dapat mempertimbangkan countdown atau hitungan mundur untuk menciptakan urgensi sebagai pemicu pada konversi anda.

Catatan penting lainnya menurut Olivia adalah selalu memberikan informasi menarik seputar penawaran melalui 2 channel penting yaitu sosial media dan email marketing. Jangan terburu-buru untuk memperlihatkan semua penawaran, agar para konsumen dapat lebih mudah mengikuti penawaran yang anda berikan. Pastikan peritel tidak menawarkan dengan jumlah yang terlalu banyak sehingga akan terlihat kurang bernilai bagi konsumen.

Produk dengan promosi terbesar dapat ditawarkan pada hari event itu sendiri agar dapat membagi kerumunan pelangggan dan mempersiapkan stok.

3. Prioritaskan webshop untuk seluler dan mobile friendly

Peritel online perlu memprioritaskan pembeli dari seluler. Bagaimanapun laman yang dapat diakses dengan mudah melalui seluler merupakan hal yang paling penting karena kemungkinan bahwa konsumen telah membuat pilihan mereka melalui ponsel sangat besar.

Dikutip dari laman Womantalk menyebutkan mayoritas orang Indonesia belanja melalui ponsel di mana 70% dari transaksi online dilakukan melalui ponsel.

Apakah Anda para peritel telah memastikan jika webshop anda mobile friendly? Jika belum, Anda juga dapat memastikan hal ini dengan melakukan tes melalui Google’s mobile friendly test. “Jika webshop Anda belum sepenuhnya di optimalkan, maka anda dapat mendapatkan guideline dan tips melalui panduan developer untuk mengoptimalkan webshop anda lebih lanjut, seperti desain responsif, kecepatan halaman,” tuturnya.

Tag : ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top