Tips Bisnis Mr. Joger: Mulailah dari Kecil-Kecilan. Jangan Besar-Besaran Terus Mengecil

Kalau nanti mulai dari besar-besaran bisa jadi kecil [kalau gagal], kalau mulainya dari [bisnis] kecil-kecilan nanti bisa tumbuh.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 16 Desember 2018 14:43 WIB

Bisnis.com, BALI - Pemilik sekaligus pendiri 'Pabrik Kata-Kata Joger', Joseph Theodorus Wulianadi atau yang biasa dipanggil Mr. Joger menyarankan bagi Anda yang ingin mengawali usaha untuk memulai dari 'bisnis kecil-kecilan'.

"Kalau nanti mulai dari besar-besaran bisa jadi kecil [kalau gagal], kalau mulainya dari [bisnis] kecil-kecilan nanti bisa tumbuh," ujarnya saat ditemui usai mengisi seminar Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, Minggu (16/12/2018).

Joger memberikan contoh, apabila Anda mau memulai bisnis dengan berjualan secara online maka Anda bisa memproduksi kaos sekitar lima lusin.

"Jadi bikin lima lusin dulu lalu Anda tawarkan, ini ukuran S, M, L, XL, XXL, [dan tawarkan] seolah-olah [barangnya] banyak," lanjutnya.

Apabila ada yang ingin membeli namun size yang dicari sudah habis, Joger menyarankan agar Anda membuka sistem pre order.

"Buat dia merasakan pengalaman yang menyenangkan [selama berbelanja dengan Anda, sehingga dari pengalaman tersebut dia akan bercerita kepada keluarganya dan teman-teman dekatnya, jadi ada efek words of mouth yang efektif," katanya.

Joger mengatakan bahwa efek words of mouth untuk marketing penjualan sangatlah mahal.

Sehingga, menjadi penjual yang memiliki barang dagangan berkualitas baik ditambah dapat melayani pelanggan dengan menimbulkan efek nyaman akan berefek positif pada bisnis yang Anda jalankan.

Tag : tips bisnis
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top