Direktur Utama KSEI Raih Gelar Doktor UGM

Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi, meraih gelar doktor pada Ilmu Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan predikat cum laude.
Gloria N. Dolorosa
Gloria N. Dolorosa - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  15:44 WIB
Direktur Utama KSEI Raih Gelar Doktor UGM
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian (kiri) berbincang dengan Dirut PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Friderica Widyasari Dewi saat acara pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Senin (20/11). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi, meraih gelar doktor pada Ilmu Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan predikat cum laude.

Pada ujian terbuka disertasi di Sekolah Pascasarjana UGM, Sabtu (26/2/2019), Friderica memaparkan disertasinya bertajuk Analisis Dampak Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dan Risiko pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Data yang digunakan dalam disertasi ini yakni data perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan struktur kepemilikan di pasar modal Indonesia sangat terkonsentrasi dan sebagian besar pemilik langsungnya berupa korporasi, juga berjenjang-jenjang.

Struktur kepemilikan yang terkonsentrasi memunculkan masalah ekspropriasi oleh pemegang saham mayoritas karena memiliki kendali atas perusahaan. Dengan begitu, struktur kepemilikan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Konsentrasi kepemilikan pun tidak berpengaruh terhadap risiko perusahaan.

Hasil lain yakni perbedaan identitas pemilik pengendali memiliki dampak yang berbeda terhadap nilai perusahaan. Temuan pada penelitian ini bahwa pemerintah memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini bertentangan dengan studi Pedersen dan Thomsen (2003). Selain itu, perbedaan identitas pemilik pengendali memiliki dampak yang berbeda terhadap risiko perusahaan.

Friderica yang akrab disapa Kiki ini meraih gelar Sarjana Ekonomi dari UGM pada 2001. Lantas, pada 2004 menyabet Master of Business Administration (MBA), Major in Finance, California State University of Fresno, USA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ksei, ugm

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top