Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRESDIR L’OREAL INDONESIA : Kami Butuh SDM dari Lokal

Pesatnya perkembangan tren kecantikan, dan besarnya jumlah penduduk membuat Indonesia menjadi lahan subur bagi produsen produk kosmetik untuk mengembangkan bisnisnya, termasuk PT L’Oreal Indonesia.
Paris Fashion Week/Istimewa
Paris Fashion Week/Istimewa

Menjadi Pusat Inovasi Kecantikan Muslim Dunia

Menurut Anda apa yang membuat pasar kosmetik di Indonesia lebih unik dibandingkan dengan negara lainnya?

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan demikian, Indonesia bisa menjadi pusat dari inovasi kecantikan muslim dunia. Melihat peluang tersebut, kami mencoba mencocokkan strategi marketing, produk, dan brand yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Besarnya kebutuhan kosmetik ini pun mendorong kami untuk terus mengembangkan produk yang sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Produk yang kami kembangkan tidak hanya mengikuti tren global, tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia.

Apa strategi yang dilakukan L’Oreal untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan sesuai dengan selera di Indonesia?

Untuk memastikan bahwa produk yang kami pasarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia, L’Oreal juga memiliki laboratorium, dan peneliti terbesar di dunia untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan semua kalangan konsumen di Indonesia.

Saat ini, Loreal Group memiliki 35 brand di dunia, tetapi di Indonesia baru 15 brand saja yang masuk. Meskipun demikian, kami terus melakukan inovasi dan pengembangan terhadap 15 brand yang sudah masuk itu. Misalnya, kami punya produk masker yang sedang tren di Korea, tetapi produknya dikembangkan, diuji, dan diluncurkan di Indonesia. Selain itu, kami juga mengembangkan produk foundation yang mengikuti tren di Amerika, tetapi kami melakukan pengembangan agar memiliki banyak pilihan untuk warna kulit.

Artinya, apakah tingkat kesulitan pengembangan produk di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya?

Saya tidak bisa katakan bahwa tingkat kesulitannya lebih tinggi atau tidak lebih tinggi, karena setiap negara memiliki tantangan yang berbeda. Saya bisa katakan bahwa perbedaan di Indonesia ini lebih unik. Misalnya, produk foundation untuk pasar di Indonesia ini harus lebih banyak variasinya, karena warna kulit konsumen di Indonesia juga lebih beragam.

Bisa dikatakan variasi warnanya ini bisa lebih banyak dibandingkan dengan produk yang kita pasarkan di China, atau Amerika. Saya bisa bilang bahwa tidak ada perusahaan kosmetik yang lebih baik dalam menangkap peluang perbedaan ini di berbagai negara selain kami, karena L’Oreal merupakan perusahaan kecantikan nomor satu di dunia, dan memiliki pengalaman yang panjang di industri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper