Bagaimana Inovasi di Perusahaan Mapan Berjalan? Ini 5 Prinsip Yang Wajib Diperhatikan

Banyak dari perusahaan mapan yang tidak menyadari adanya "perubahan iklim" dan memilih untuk tetap bertahan dalam kenyamanan. Biasanya, fokus perusahaan-perusahaan tersebut adalah pada produk-produk utama yang memiliki pendapatan dan keuntungan tinggi.
Sandi Purnomo
Sandi Purnomo - Bisnis.com 03 April 2019  |  01:52 WIB
Bagaimana Inovasi di Perusahaan Mapan Berjalan? Ini 5 Prinsip Yang Wajib Diperhatikan
Penulis Buku The Corporate Startup Dan Toma berbicara dalam Coffe Talk yang berlangsung di Gedung Kompas Gramedia (29/3/2019). (Sandi Purnomo - Bisnis)

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan mapan seringkali tidak menyadari perubahan iklim dan memilih untuk tetap bertahan dalam kenyamanan. Padahal proses inovasi harus terus dikembangkan agar perusahaan bisa bertahan menghadapi gelombang perubahan di era disrupsi ini. 

Dan Toma menawarkan lima prinsip inovasi yang harus bisa dijaga perusahaan mapan untuk menghadapi 

Buku “The Corporate Startup” karya Tendayi Viki, Dan Toma, dan Esther Gons berbicara tentang hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan mapan harus dapat melihat dengan jernih tantangan yang dihadapinya agar bisa bertahan dan berkembang.
Pembahasannya terfokus pada aturan cara mengembangkan, mengelola, dan memelihara inovasi dalam lingkup perusahaan yang mapan. Terfokus pada aturan dan praktik inovasi di lingkup perusahaan besar. Anggapan bahwa perusahaan mapan harus bertindak layaknya startup seringkali terjadi.
Di kutip dari buku ini jika perusahaan perusahaan mapan bukanlah startup yang hanya bisa fokus pada satu gagasan bisnis. Melakukan ekploitasi sambil bereskplorasi untuk mencapai keberlangsungan hidup pada saat ini dan masa depan adalah tantangan yang di hadapi oleh perusahaan besar.
Pada saat ini, kesuksesan sebuah inovasi diukur dari pengembangan produk baru dengan model bisnis yang secara berkelanjutan dapat menguntungkan. Inovasi bukan lagi fokus pada pemikiran desain pruduk, pengembangan pelanggan, penggambaran pada kanvas model bisnis, dan pembuatan produk yang layak dalam jumlah minumum.
Dalam menjalankan perusahaan mapan terdiri dari dua bagian untuk mengelola dan memanfaatkan komplektivitas inovasi. Bagian pertama tentang prinsip dasar yang bisa digunakan oleh perusahaan mapan untuk membangun ekosistem inovasi. Sementara bagian dua adalah mempraktikan ekosistem tersebut.Pada buku tersebut menjelaskan jika terdapat lima prinsip ekosistem inovasi di perusahaan yaitu, tesis inovasi, portofolio inovasi, kerangka inovasi, akuntansi inovasi, danpraktik inovasi.
“Kelima prinsip tersebut sangat berkaitan karena dapat menghasilkan ide-ide baru dan dapat menentukan targer pasar sehinga dapat merancang masa depan serta sistem yang berjalan dalam perusahaan akan berjalan dengan baik” tutur Dan Toma pada Coffe Talk yang berlangsung di Gedung Kompas Gramedia (29/3/2019).
“Kebanyakan perusahaan yang ada di Indonesia sudah berjalan dengan baik karena dapat mengembangkan produk yang selaras dengan kerangka inovasi,” tambah Dan Toma.
Seperti yang di kutip dari bukunya,inti dari inovasi adalah momen ketika pikiran tercerahkan lalu ide-ide kreatif dapat muncul bahkan spontan atau sengaja mengupayakan sebuah solusi untuk suatu masalah. Gagasan yang muncul spontan tanpa pemikiran logis yang jelas akan membuat kreativitas tampak misterius dan mistis. Sementara ide juga harus dapat di kembangkan dan di perbarui.
Menurut moderator pada acara tersebut, Adi Putera Widjaja inovasi adalah hal terpenting untuk merancang masa depan. Perushaan startup yang sudah mapan pasti akan mengembangkan inovasinya.

=

Pada era digital, teknologi dan perangkat lunak telah banyak mengubah wajah bisnis berbagai perusahaan. lnovasi menjadi hal yang wajib di|akukan.

Namun, inovasi kerap kali menghadirkan paradoks, khususnya bagi perusahaan mapan yang sudah terjebak pada kesuksesan masa lalu.

Banyak dari perusahaan mapan yang tidak menyadari adanya "perubahan iklim" dan memilih untuk tetap bertahan dalam kenyamanan.

Biasanya, fokus perusahaan-perusahaan tersebut adalah pada produk-produk utama yang memiliki pendapatan dan keuntungan tinggi.

Menurut_bukn "The Corporate Startup" karya Tendayi Viki, Dan Toma, dan Esther Gons, hal 75%; perlu dilakukan oleh haan mapan untuk bertahan dan berkembang ialah harus bisa melihat dengan jernih tantan yang ada di hadapannya.

Bukan lagi menemukan strategi untuk menemukan keunggulan kompetitif jangka panjang, melainkan memanfaatkan

keunggulan kompetitif yang ada secara cepat dan bersiap untuk keunggulan yang hadir berikutnya.

Inovasi bukan lagi fokus pada pemikiran dzsain 6roduk, pengembangan pelanggan, penggambaran pada kanvas model bisnis,dan pembuatan produk yang layak dalam jumlah minimum.

Namun, kesuksesan inovasi diukur dari pengembangan produk baru dengan model bisnis yang secara berkelanjutan menguntungkan.

Kesalahanpahaman yang kerap terjadi tentang inovasi pada perusahaan mapan, yaitu adanya anggapan bahwa perusahaaan mapan harus bertindak layaknya startup. Padahal, perusahaan mapan bukanlah startup yang bisa fokus hanya pada satu gagasan bisnis saja.

Bagaimana melakukan eksploitasi yang mapan untuk mempertahankan keberlangsungan hidup saat ini, sambil mengupayakan eksplorasi untuk mencapai keberlangsungan hidup di masa depan adalah tantangan yang dihadapi perusahaan besar.

Apa saja aturan untuk membangun sebuah ekosistem inovasi di perusahaan? Jika perusahaan mapan sudah terbiasa mengeksekusi model bisnis yang familier, bagaimana mereka mengembangkan praktik-praktik startup di dalam organisasi yang sama?

Apa gunanya strategi dan bagaimana perusahaan mengembangkan serta menerapkan tesis inovasi?--adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait paradoks inovasi.


Buku "The Corporate Startup” membahas aturan, metode, dan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan memanfaatkan kompleksitas dalam inovasi. Terdiri dari dua bagian, yaitu bagian satu tentang prinsip dasar yang bisa digunakan oleh perusahaan mapan untuk membangun ekosistem inovasinya dan bagian dua tentang cara mempraktikan ekosistem tersebut.

Ekosistem inovasi merupakan sistem atau jaringan yang saling berhubungan dan berinteraksi demi terciptanya inovasi di sebuah perusahaan.

Terdapat lima prinsip ekosistem inovasi di perusahaan, yaitu tesis inovasi, portofolio inovasi, kerangka inovasi, akuntansi inovasi, dan praktik inovasi. Gabungan dari kelima prinsip tersebut akan membentuk ekosistem inovasi.

Tesis inovasi dan portofolio inovasi merupakan prinsip yang berfokus pada strategi iinovasi. Sedangkan, kerangka inovasi dan akuntansi inovasi adalah prinsip yang berfokus pada manajemen inovasi.

Strategi inovasi dan manajemen inovasi akam saling berkaitan dengan prinsip yang terakhir, yaitu praktik inovasi= OIeh sebab itu, merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk menerapkan kelima prinsip tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top