7 Langkah Sukses Menjadi Pengusaha

Banyak orang dewasa ini memilih untuk menjadi pengusaha dibandingkan pegawai.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 September 2019  |  13:47 WIB
7 Langkah Sukses Menjadi Pengusaha
Ilustrasi - Organize4results

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang dewasa ini memilih untuk menjadi pengusaha dibandingkan pegawai.

Menurut mereka, banyak keuntungan menjadi pengusaha daripada hanya sebagai pegawai. Salah satunya adalah fleksibilitas waktu, dan bisa menentukan target sendiri tanpa harus mendapatkan tekanan dari atasan.

Meski demikian, banyak juga orang yang terjun menjadi pengusaha kemudian gagal karena banyak alasan. Umumnya, kemungkinan karena mereka tidak menerapkan poin penting dalam menjalankan usahanya tersebut.

Berikut ada tujuh langkah yang bisa diikuti agar memulai menjadi pengusaha seperti dilansir dari https://www.learnhowtobecome.org:

1. Temukan bisnis yang tepat untuk Anda.

Kewirausahaan adalah istilah yang luas, dan Anda dapat menjadi wirausaha di hampir semua bidang. Namun, Anda harus memilih bidang untuk dikerjakan dan memulai bisnis. Temukan bisnis yang tidak hanya akan sukses, tetapi adalah sesuatu yang Anda sukai. Kewirausahaan adalah kerja keras, jadi Anda ingin memusatkan perhatian pada sesuatu yang Anda pedulikan.

2. Tentukan apakah Anda harus mendapatkan pendidikan

Anda tidak perlu memiliki semua jenis pendidikan formal untuk menjadi wirausaha, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikan pendidikan sepenuhnya. Jika Anda ingin memulai perusahaan teknologi, pengalaman dalam bisnis, pemrograman komputer, dan pemasaran semuanya bisa berharga. Juga, beberapa industri mungkin akan memerlukan beberapa jenis pendidikan, seperti kantor akuntan atau firma hukum Anda sendiri.

3. Rencanakan bisnis Anda

Sebelum Anda memulai bisnis Anda, Anda perlu memiliki rencana bisnis. Rencana bisnis menjabarkan tujuan yang Anda miliki serta strategi Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana ini penting untuk mendapatkan investor, serta mengukur seberapa sukses bisnis Anda.

4. Temukan grup / audiens target Anda

Tidak semua bisnis menarik bagi semua orang. Usia, jenis kelamin, pendapatan, ras, dan budaya kelompok target Anda akan memainkan peran besar dalam menentukan di mana Anda membuka toko - atau jika Anda bahkan perlu memiliki alamat fisik untuk bisnis. Teliti kelompok mana yang paling sesuai dengan model bisnis Anda, dan kemudian persiapkan segalanya untuk menarik demografis itu.

5. Jaringan

Sementara jaringan itu penting di semua bidang, itu mungkin yang paling penting bagi pengusaha. Jaringan adalah cara Anda bertemu orang lain yang mungkin memiliki keterampilan yang dapat Anda gunakan dalam bisnis Anda. Anda juga dapat menemukan calon investor melalui jaringan untuk membantu mendapatkan model bisnis Anda. Jaringan Anda juga dapat mendukung bisnis Anda begitu Anda membuka, membantu mengirim pelanggan baru dengan cara Anda.

6. Jual ide Anda

Konsumen menginginkan produk, tetapi mereka tidak selalu tahu produk mana yang harus dipilih. Pekerjaan Anda sebagai pengusaha adalah meyakinkan orang bahwa apa pun yang Anda jual adalah pilihan terbaik yang tersedia. Anda harus mencari tahu apa yang membuat produk Anda unik dan kemudian menjualnya berdasarkan nilai yang ditambahkannya.

7. Tentukan Pasar

Anda harus fokus pada pemasaran sebelum, selama dan setelah Anda memulai bisnis Anda. Anda mungkin memiliki restoran terbaik di kota, tetapi tidak ada yang akan mengunjungi jika mereka tidak tahu itu ada. Pemasaran itu rumit, tetapi jika Anda harus bisa memfokuskan upaya pemasaran Anda pada audiens target Anda. Misalnya, milenium mungkin lebih cenderung melihat iklan di media sosial daripada di papan reklame di pusat kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pengusaha

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top