Kopi Kekinian Kian Diminati, Peluang Bisnis Makin Terbuka

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbaik, bahkan produk tahunan yang mencapai 600.000 ton mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 November 2019  |  12:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbaik, bahkan produk tahunan yang mencapai 600.000 ton mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia.

Menurut data Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia. Sedangkan menurut Assiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) pada tahun 2014 kebutuhan kopi di Indonesia diperkirakan mencapai 260.000 kilogram.

Setiap tahun kebutuhan kopi mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 naik menjadi 280.000 kilogram, tahun 2016 kebutuhan kopi mencapai 300.000 kilogram.

Indonesia mempunyai keanekaragaman cita rasa kopi yang berbeda. Setiap daerah memiliki karakteristik cita rasa kopi yang khas .Mengapa bisa begitu? Karena kopi adalah tanaman yang unik dan sensitif. Cita rasa pada minuman kopi bisa berbeda berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi tanamannya, buahnya hingga proses penanganan pasca panennya.

Seiring dengan pesatnya perkembangan kopi di dunia maupun di Indonesia, maka semakin besar pula peluang bagi para pelaku usaha untuk membuka bisnis kopi. Dengan demikian sudah banyak berbagai usaha kopi yang bermunculan di berbagai daerah, hal ini menunjukkan bahwa kopi mampu menunjukkan eksistensinya dari masa ke masa hingga saat ini. Selain diolah menjadi menjadi produk minuman, kopi juga bisa diolah menjadi produk lain seperti permen kopi, kue rasa kopi, es krim rasa kopi, dsb. Namun yang menjadi favorit bagi masyarakat pada umumnya adalah minuman kopi.

Dulu, kedai kopi bisa dihitung menggunakan jari, harganya mahal pula. Namun sekarang muncul kopi-kopi kekinian dengan harga terjangkau. Menurut lembaga riset pasar Euromonitor, kedai kopi specialty dan kafe waralaba di Indonesia berkembang pesat sejak lima tahun terakhir. Kini jumlahnya di Indonesia mencapai sekitar 1.083 kedai.

Sudah banyak merk kopi yang dikenal masyarakat seperti Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Fore Coffee, Kopi Kulo, Kopi Tuku, Kopi Soe, Kopi Cuan, Sagaleh, Nyopee, sampai Filosofi Kopi adalah beberapa merek es kopi susu kekinian yang bertebaran di Jakarta.

Kini hadir franchise es kopi susu kekinian baru  @xcelcius.id, yang menggunakan biji kopi asli dari lokal. Kopi yang ditawarkan xcelcius masih berbentuk biji kopi, dan terdiri dari biji arabika gayo dan biji java robusta.

Neelam selaku Marketing Manager @xcelcius.id mengatakan jenis kopi yang paling diminati di Indonesia yakni arabika dan robusta. 

Menurutnya, biji kopi arabika juga mempunyai karakter rasa yang khas seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan juga menjadi primadona di pasar kopi dunia.

"Kandungan kafein yang terdapat pada kopi arabika juga cukup rendah yaitu 1,5 persen," ujarnya.

Sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit daripada kopi arabika. Namun kafein yang terkandung dalam kopi robusta cukup tinggi yaitu 2,7 persen. Robusta merupakan kopi yang mudah berkembang, berproses dengan cepat. Dengan demikian tidak susah dan memakan waktu lama untuk memproduksinya. 

Karena itu, @xcelcius.id franchise es kopi susu kekinian bar menggunakan biji kopi arabika dan robusta asli dari lokal. Kopi yang ditawarkan xcelcius masih berbentuk biji kopi, dan terdiri dari biji arabika gayo dan biji java robusta.

"Kami juga membuka peluang franchise untuk calon calon pengusaha dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik. Harga kemitraan bulan ini ada diskon besar-besaran 50% dari harga awal 50 juta cukup bayar Rp24,9 juta saja sudah mendapatkan booth yang eyecatching serta fasilitas lengkap siap jualan," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kopi

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top